sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DMI: Sebelum salat Iduladha masjid harus disterilkan

Jusuf Kalla meminta pengurus masjid melakukan sterilisasi sebelum salat Iduladha.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Kamis, 30 Jul 2020 11:12 WIB
DMI: Sebelum salat Iduladha masjid harus disterilkan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengingatkan agar salat Iduladha dilaksanakan dengan protokol Covid-19 secara ketat. Hal tersebut mesti dilakukan untuk memutus penyebaran virus SARS-CoV-2.

Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla meminta, pengurus masjid melakukan sterilisasi masjid sebelum penyelenggaraan salat Iduladha 1441 Hijriah, sehingga terbebas dari potensi penularan Covid-19 di tempat ibadah.

"Sebelum salat Iduladha masjid harus disterilkan dengan disinfektan," kata JK, panggilan Jusuf Kalla, dalam jumpa pers daring bersama Satgas Penanganan Covid-19, di Jakarta, Kamis (30/7).

Sebab, menurut mantan Wakil Presiden (Wapres) itu, Umat Islam selain melaksanakan salat Iduladha juga menggelar salat Jumat. Sehingga, sterilisasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jamaah.

Sponsored

Kemudian, sterilisasi dilakukan sebelum dan setelah salat Jumat, sehingga dapat mencegah penularan coronavirus. JK mengingkatkan, Iduladha tidak akan terlepas dari nilai-nilai ajaran pengorbanan dalam Islam sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim AS saat hendak menyembelih Nabi Ismail AS.

Nilai-nilai kurban, kata dia, harus menjadi pesan bahwa dalam hidup selalu ada pengorbanan dengan penuh rasa keikhlasan sehingga memberi faedah.

"Besok harus disiplin. Disiplin ada pengorbanan yang membuat kita tidak nyaman, tapi itu mutlak dilakukan di sekitar 800 masjid Indonesia yang sebagian besar melaksanakan shalat id dan penyembelihan kurban maka perlu disiplin untuk mencegah bahaya yang lebih besar," katanya.

Berita Lainnya