sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gerbang Tol Cilegon Barat ditutup karena banjir

Bah diduga karena curah hujan tinggi dan sistem drainase buruk.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Senin, 04 Mei 2020 15:40 WIB
Gerbang Tol Cilegon Barat ditutup karena banjir
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Sejumlah wilayah di Kota Cilegon, Banten, kebanjiran pada Senin (4/5). Diduga karena tingginya curah hujan dan buruknya sistem drainase.

Ketinggian banjir beragam. Terparah terjadi di Gerbang Tol Cilegon Barat. Karenanya, ditutup sejak pukul 11.58 hingga kini.

"Kita sedang menuju lokasi untuk meninjau langsung," kata Kepala Seksi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Ahmad Mafruh, saat dikonfirmasi.

Kendaraan yang akan keluar Cilegon Barat dialihkan ke Gerbang Tol Merak karena semua jenis kendaraan tidak bisa melaluinya. Membahayakan pengemudi dan kendaraan, apabila memaksakan diri melaluinya.

"Tapi, saat ini genangan terpantau di kamera sudah mulai surut," ucap petugas Call Center Astra Tol Tangerang-Merak, Deden, saat dihubungi.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Cilegon, Erwin Harahap, melanjutkan, banjir juga terjadi jalanan dan permukiman warga. Setidaknya bah mengepung Kecamatan Purwakarta, Citangkil, Grogol, dan Jombang.

"Belum diketahui pastinya berapa titik wilayah terdampak banjir," jelasnya. Ketinggian air mencapai 1 meter di beberapa wilayah di Citangkil dan Grogol.

Imbas banjir, banyak rumah warga rusak dan kendaraan bermotor hanyut terbawa arus. "Kita masih upayakan evakuasi di lapangan," tutupnya.

Sponsored
Berita Lainnya