sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gunung Anak Krakatau naik status ke level siaga

Peningkatan status Gunung Anak Krakatau terjadi karena peningkatan aktivitas gunung.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Kamis, 27 Des 2018 09:45 WIB
Gunung Anak Krakatau naik status ke level siaga
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  menyatakan status Gunung Anak Krakatau naik  ke level III, siaga, dari sebelumnya berstatus waspada. Perubahan dipicu aktivitas gunung yang mengalami peningkatan. 

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Stasiun Serang, Trian Asmarahadi, mengimbau masyarakat atau wisatawan agar tidak mendekati kawah dalam radius 5 KM dari kawah. Menurutnya, peningkatan aktivitas di Anak Krakatau tampak melalui terjadinya tremor menerus dan suara dentuman.

"Asap kawah tidak teramati dan terdengar suara dentuman di pos PGA (pengamatan gunung api)," kata Trian dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (27/12).

Dalam laporan pengamatan Gunung Anak Krakatau yang dilakukan mulai pukul 00.00-06.00 WIB, Kamis (27/12), cuaca di sekitar gunung dalam keadaan mendung dan hujan.

Sponsored

Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara 24-26 °C dan kelembaban udara 91-96 %. Volume curah hujan tidak tercatat.

Tremor Menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 8-32 mm (dominan 25 mm).

Trian berharap, masyarakat mengikuti imbauan yang disampaikan dan terus memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau. Ia pun meminta masyarakat agar tetap tenang. (Ant)

Berita Lainnya