sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Injak kepala warga Papua, TNI AU minta maaf setinggi-tingginya

Insiden tersebut, kata dia, merupakan kesalahan dari anggota TNI AU belaka.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Rabu, 28 Jul 2021 09:48 WIB
Injak kepala warga Papua, TNI AU minta maaf setinggi-tingginya

TNI Angkatan Udara (AU) meminta maaf atas insiden kesalahpahaman yang melibatkan dua oknum anggota Pomau Lanud Johanes Abraham Dimara dan warga di sebuah warung makan di Merauke, Papua, Senin (26/7).

Diketahui, video yang merekam peristiwa tersebut turut beredar di media sosial. "Saya selaku Kepala TNI AU ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh saudara-saudara kita di Papua, khususnya warga di Merauke. Terkhusus lagi kepada korban dan keluarganya," ucap Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo, dalam sebuah rekaman video, Selasa (27/7) malam.

Insiden tersebut, kata dia, merupakan kesalahan dari anggota TNI AU belaka. Ia menyebut, tidak ada niatan apapun dari institusi TNI AU untuk memerintahkan anggotanya melakukan penganiayaan terhadap warga Papua.

Bahkan, dia berjanji, akan mengevaluasi seluruh anggota TNI AU. Ia juga mengaku akan menindak secara tegas terhadap pelaku yang berbuat kesalahan.

"Sekali lagi, saya ingin menyampaikan permohonan maaf setinggi-tingginya. Mohon dibuka pintu maaf," tutur Fadjar.

Dalam cuitan akun Twitter resminya @_ TNIAU, disebutkan insiden salah paham antara dua oknum anggota Pomau Lanud J. A Dimara Merauke dan warga setempat terjadi di sebuah warung makan pada Senin (27/7). 

Insiden bermula dari keributan antara pemilik warung dan seorang warga yang diduga mabuk. Keributan melibatkan dua anggota Pomau yang diklaim bermaksud melerai.

Petugas Lanud J.A Dimara Merauke menangani kasus penganiayaan ini. Kini, dua oknum anggota Pomau Lanud J. A Dimara Merauke sudah ditahan. Mereka masih dalam pengawasan Komandan Lanud J.A Dimara Merauke. Pomau Lanud Merauke sedang melakukan proses penyidikan. TNI AU tidak segan-segan menghukum sesuai tingkat kesalahannya.

Sponsored

Sebelumnya, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan anggota TNI AU menginjak kepala warga Merauke. Dalam video berdurasi sekitar lebih dari 1 menit, terlihat seorang anggota berseragam TNI AU membekuk seorang pria. Sedangkan seorang anggota TNI AU lainnya menginjak kepala pria tersebut dengan menggunakan sepatu boots.

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

35% Masyarakat Indonesia Telah Divaksin Covid-19

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB

BenQ resmi luncurkan MOBIUZ EX3415R

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB