sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jaksa P yang fotonya viral bareng Djoko Tjandra dicopot

Temuan Kejagung sebut Jaksa P bepergian ke luar negeri sembilan kali.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 29 Jul 2020 19:54 WIB
Jaksa P yang fotonya viral bareng Djoko Tjandra dicopot
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan, seorang jaksa perempuan bernama Pinangki Sirna Malasari alias P yang bertugas sebagai Jaksa Kepala Sub bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jambin (Jaksa Agung Muda Pembinaan), telah melakukan pelanggaran etik dan disiplin.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setyono menyatakan, pelanggaran etik dan disiplin Pinangki terkait dengan beredarnya foto (viral) dirinya bersama dengan buron Djoko Soegiarto Tjandra dan kuasa hukumnya Anita Kolopaking. Pertemuan tersebut diduga dilakukan di luar negeri.

"Setelah dilakukan klarifikasi dan ditemukan adanya bukti permulaan, kemudian kasusnya dinyatakan naik ke tahap inspeksi kasus. Dari hasil inspeksi kasus dinyatakan Jaksa Pinangki melanggar etik dan disiplin," kata Hari dalam konferensi pers di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (29/7).

Menurut Hari, dalam inspeksi kasus ditemukan bukti Pinangki bepergian ke luar negeri pada tahun 2019, sebanyak sembilan kali tanpa izin dan pemberitahuan atasannya.

"Sembilan kali itu dilakukan sendiri, dengan biaya sendiri. Di antaranya bepergian ke Singapura dan Malaysia. Keterkaitan dengan Djoko masih diduga karena Djoko tidak bisa kami periksa," ujarnya.

Dibeberkan Hari, atas pelanggaran Pinangki, Wakil Jaksa Agung mengeluarkan surat edaran pencopotan jabatan Pinangki pagi tadi. Pencopotan jabatan tersebut merupakan sanksi terberat yang diberikan institusi.

Selanjutnya, tim Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) akan menunggu, apakah Pinangki menerima hukuman itu atau mengajukan keberatan. Kejagung juga tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penyelidikan tindak pidana terhadap Pinangki.

 

Sponsored
Berita Lainnya