sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jual tiket Bandung-Medan Rp21 juta, Menhub akan tegur Traveloka

Menhub mengimbau kepada semua agen penjualan tiket untuk menyertakan informasi yang benar dan tidak membuat masyarakat menjadi geger.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 30 Mei 2019 21:19 WIB
Jual tiket Bandung-Medan Rp21 juta, Menhub akan tegur Traveloka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 373.109
Dirawat 64.032
Meninggal 12.857
Sembuh 297.509

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menegur Traveloka yang menginformasikan tiket pesawat rute Bandung-Medan seharga Rp21 juta.

"Sekarang kami ingin memberikan suatu layanan yang baik kepada masyarakat. Jadi kalau ada pihak-pihak yang menyesatkan, apalagi mendapatkan keuntungan dari ketidakjelasan informasi, tentu harus ditegur," kata Budi Karya saat memberikan kepada wartawan di Posko Mudik Nasional Kemenhub Jakarta, Kamis (30/5).

Budi mengatakan seharusnya travel online perjalanan, dalam hal ini Traveloka bisa berpikir konstruktif. Misalnya, apabila ingin menawarkan rute yang tidak melalui direct flight, seharusnya Traveloka bisa membuat rute Bandung-Jakarta lalu kemudian Jakarta-Medan. 

"Kalau memang pemikirannya konstruktif, itu yang dilakukan. Ini pemikirannya tidak konstruktif," ucap dia.

Oleh karena itu, Budi mengimbau kepada semua agen penjualan tiket untuk menyertakan informasi yang benar dan tidak membuat masyarakat menjadi geger.

Adanya kejadian ini, bisa membentuk pemikiran masyarakat menjadi seolah tiket pesawat merupakan persoalan yang tidak pernah bisa diselesaikan. Padahal tidak begitu keadaannya.

Budi pun mengajak masyarakat untuk mengimbau Traveloka tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Menanggapi itu, Pubic Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu mengatakan, harga tiket senilai Rp21 juta dengan rute Bandung-Medan merupakan kelas bisnis, yang tentu lebih mahal dibanding dengan kelas ekonomi.

Sponsored

Oleh karena itu, Sufintri mengimbau kepada masyarakat untuk jeli membeli tiket di Traveloka.

"Kami imbau untuk memastikan bahwa kelas penerbangan yang dicari sesuai dengan keinginan. Misal, jika ingin mencari kelas ekonomi, maka pada laman awal pencarian dapat memilih kelas ekonomi," ucapnya.

Selain itu, harga dan ketersediaan stok tiket sendiri sifatnya dapat terus berubah secara real time. Untuk itu Traveloka juga menyarankan pengguna untuk melakukan pengecekan secara berkala, dan mengatur fitur Price Alert yang tersedia di Traveloka, terutama di saat peak season.

Sementara Garuda Indonesia membantah telah menjual harga tiket Rp21 juta untuk rute Bandung-Medan.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan, harga tiket tersebut bukan penerbangan langsung.

"Bukan penerbangan langsung, tapi melibatkan banyak kota sebagai transit, yaitu Bandung-Denpasar-Jakarta-Kualanamu dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal," ujar Ikhsan dalam keterangan tertulisnya.

Lagi pula, kata Iksan, Garuda Indonesia tidak mempunyai rute langsung Bandung-Medan. Rute yang disediakan Garuda, adalah Jakarta-Medan.

Berita Lainnya