sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejaksaan eksekusi Ferdy Sambo cs hari ini

Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal menjalani masa pidana di Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Kamis, 24 Agst 2023 20:15 WIB
Kejaksaan eksekusi Ferdy Sambo cs hari ini

Tim Jaksa Eksekutor pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) telah melaksanakan ekekusi badan terhadap tiga terpidana pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Mereka adalah Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan, ketiganya menjalani masa pidana di Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat. Kecuali Sambo, dua lainnya menjalani vonis kurungan badan dikurangi masa tahanan selama ini.

"Pelaksanaan Eksekusi berjalan dengan situasi aman dan terkendali berkat pengamanan dari tim Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," kata Ketut dalam keterangan, Kamis (24/8).

Sebelumnya, Putri Candrawathi resmi menjadi terpidana dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat (Brigadir J). Pelaksanaan putusan pengadilan dilakukan mulai Rabu (23/8) seiring berkekuatan hukum tetap (inkrah) putusan pengadilan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kajari Jaksel), Syarief Sulaeman Nahdi, mengatakan, istri Ferdy Sambo itu menjalani hukumannya di Lapas Perempuan Kelas II A Jakarta, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

"Iya, betul [Putri Candrawathi dijebloskan ke Lapas Pondok Bambu]. Per hari ini (Rabu, 23/8, red) sudah masuk. Sesuai SOP," katanya saat dikonfirmasi.

Sebagai informasi, MA menjatuhkan pidana penjara seumur hidup bagi terdakwa pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J), Ferdy Sambo. Pengadilan tingkat terakhir ini, merupakan ajang ketidakpuasan Sambo karena dari sidang banding di PT DKI Jakarta justru tetap pada vonis tingkat pertama, yakni hukuman mati.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Sobandi mengatakan, majelis hakim kasasi memberikan amar untuk menolak kasasi jaksa penuntut umum dan terdakwa. Penolakan diiringi dengan perbaikan kualifikasi tindak pidana dan pidana yang dijatuhkan, menjadi melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama dan tanpa hak melakukan tindakan yang berakibat sistem elektronik tidak bekerja sebagaimana mestinya yang dilakukan bersama-sama. 

Sponsored

“Perbaikan pidana menjadi penjara seumur hidup,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/8).

Dalam sidang terdapat perbedaan pendapat atau dissenting opinion. Ada dua hakim yang tetap ingin menjatuhkan hukuman mati bagi Ferdy Sambo.

Selain Sambo, Putri Candrwathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal turut menerima putusan kasasi. Pada terdakwa RIcky Rizal telah menerima vonis tingkat pertama maupun banding, yakni pidana penjara selama 13 tahun. Sementara, kini menjadi berkurang lima tahun dari vonis tersebut.

“Perbaikan pidana menjadi pidana penjara 8 tahun,” katanya kepada wartawan, Selasa (8/8).

Potongan serupa juga diterima oleh terdakwa Kuat Ma’ruf. Asisten Rumah Tangga ataupun sopir keluarga Sambo ini menerima putusan kasasi menjadi 10 tahun dari sebelumnya 15 tahun.

Sementara, kortingan terbesar diterima oleh sang ibu, Putri Candrawathi. Nyonya Sambo menerima potongan hingga 50% dari vonis pengadilan tingkat pertama.

“Nomor perkara 816 K/Pid/2023 Terdakwa Putri Candrawathi. PN Pidana penjara 20 tahun. PT menguatkan. Pemohon kasasi Penuntut Umum dan Terdakwa. Amar putusan kasasi, tolak kasasi Penuntut Umum dan Terdakwa dengan perbaikan pidana menjadi pidana penjara 10 tahun,” ujarnya. 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid