sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejati DKI dan Ditjen Imigrasi bahas upaya pencegahan

Kejati DKI dan Ditjen Imigrasi melakukan pertemuan dan membahas kerja sama dalam upaya pencegahan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 03 Jun 2022 07:10 WIB
Kejati DKI dan Ditjen Imigrasi bahas upaya pencegahan

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani melakukan kunjungan ke Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Widodo Ekatjahjana di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), kemarin (2/6). 

"Pada Kamis (2/6) Kajati DKI Jakarta, Reda Manthovani melakukan kunjungan silaturahmi ke Kementerian Hukum dan HAM," kata Kasi Penkum Kejati DKI Jakarta, Ashari Syam dalam keterangannya, Kamis (3/6) dini hari. 

Kata Ashari, koordinasi mengenai pengajuan pencegahan seseorang yang diduga terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi menjadi bahasan dalam pertemuan keduanya. Namun, tidak ada kasus yang secara spesifik dibicarakan.

Selain itu juga, kunjungan tersebut dalam rangka menjalani suatu hubungan yang harmonis antara kedua lembaga dalam hal program kerja, dan tugas kedinasan ke depannya. 

"Kajati DKI berharap, dengan terjalinnya hubungan silaturahmi yang harmonis antara pimpinan lembaga atau instansi pemerintah, akan lebih mempermudah koordinasi dan kerja sama," tuturnya. 

Untuk diketahui, Kejaksaan dan Kemenkumham dalam hal ini Ditjen Imigrasi memang memiliki beberapa keterkaitan. Dalam penanganan perkara, selain melakukan pencegahan, penyidik juga kerap meminta data perlintasan ke luar negeri untuk mengetahui apakah pihak yang diduga dapat memberikan informasi sebuah kasus masih berada di luar negeri.

Beberapa contoh perkara yang membutuhkan hal itu terkait dugaan tindak pidana korupsi pembangunan pabrik Krakatau Steel, di mana terdapat saksi asal luar negeri yang harus menjadi saksi. Penyidik mengupayakan pemeriksaan dengan meminta data imigrasi.

Lalu, pengejaran DPO yang juga membutuhkan peran imigrasi untuk melakukan pencegahan agar tidak ke luar negeri. Selain itu, untuk memastikan DPO tersebut tidak melarikan diri dengan menggunakan identitas lain.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid