sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kelompok teroris tetap rekrut anggota saat pandemi

BNPT mencatat 84 tersangka terorisme sepanjang Januari-Juni 2020.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 23 Jun 2020 16:14 WIB
Kelompok teroris tetap rekrut anggota saat pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar, menilai, kelompok teroris kian galak merekrut anggotamya di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19), baik secara luring (offline) maupun daring (online).

"Kelompok kerap melaksanakan aksinya melalui propaganda perekrutan, baik secara online maupun offline, selama masa pandemi Covid-19 ini," katanya saat rapat kerja (raker) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/6).

Namun demikian, Boy tidak menjelaskan secara detail mengapa esktremis agresif menyebarkan pahamnya di tengah pandemi. Dia hanya mengatakan, sejatinya penyebaran paham-paham ekstrem semakin tinggi, utamanya via daring.

Dicontohkannya dengan 84 tersangka kasus terorisme yang tercatat sejak Januari hingga medio 2020. BNPT, katanya, juga telah memantau pergerakan anggota kelompok teroris lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Sponsored

"Ada 84 tersangka terkait dengan masalah jaringan kelompok teror yang selama ini dalam pengawasan, dalam penyelidikan aparat penegak hukum, dan mereka umumnya adalah merencanakan berbagai aksi-aksi, termasuk aksi-aksi serangan teror yang berhasil digagalkan," tandasnya.

Guna memperkuat BNPT dalam melawan kelompok teroris yang semakin berkembang di dunia maya, Boy mengusulkan penambahan jabatan struktural dalam organisasi. Salah satunya menghadirkan kedeputian bidang kontra radikalisme.

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Minggu, 02 Agst 2020 16:26 WIB
Berita Lainnya