sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK yakin Harun Masiku masih hidup

Bekas calon legislatif (caleg) dari PDIP ini ditetapkan sebagai buron sejak Januari 2020.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 11 Jan 2021 07:34 WIB
KPK yakin Harun Masiku masih hidup
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.314.634
Dirawat 157.705
Meninggal 35.518
Sembuh 1.121.411

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkeyakinan tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku (HM), masih hidup. Alasannya, belum pernah mengetahui jenazah atau lokasi pemakaman yang bersangkutan.

"Selama kami tidak melihat jenazahnya di mana, makamnya di mana, kuburannya di mana, maka kami menganggap yang bersangkutan saat ini statusnya masih hidup," kata Pelaksana Harian (Plh) Deputi Penindakan KPK, Setyo Budiyanto, Minggu (11/01).

Komisi antirasuah memasukkan Harun dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2020 lantaran kabur usai diketahui menyuap bekas Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, demi menjadi legislator melalui operasi klandestin.

Karenanya, KPK menganggap belum tertangkapnya bekas calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut sebagai utang. Para penyidik harus membayarnya sesegera mungkin.

Sponsored

"Itu adalah upaya yang akan dilakukan oleh para penyidik untuk berusaha mencari, menelusuri keberadaan dari HM. Ini merupakan salah satu tanggung jawab yang harus kami selesaikan, kami tuntaskan dengan harapan ini utang dari para penyidik yang harus bisa dibayar dengan cara menemukan, penangkapan," tuturnya.

KPK juga telah mengevaluasi tim satuan tugas (satgas) yang bertanggung jawab mencari Harun. Kemudian, berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan memantau keberadaan Harun.

Berita Lainnya