sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lagi, Sukmawati dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Sukmawati dilaporkan oleh seorang warga bernama Irvan Noviandana. 

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 18 Nov 2019 22:27 WIB
Lagi, Sukmawati dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Sukmawati Soekarnoputri kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena pernyatannya yang membandingkan peran Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW. Kali ini, Sukmawati dilaporkan oleh seorang warga bernama Irvan Noviandana. 

Kuasa hukum Irvan Noviandana, Wisnu Rakadita mengatakan Polda Metro Jaya telah menerima laporan kliennya terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati.

Laporan Irvan tertuang dalam LP/7456/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimum. Putri Soekarno itu disangkakan Pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penistaan agama.

"Alhamdulillah laporan dugaan tindak pidana penistaan agama atau penodaan agama telah diterima SPTK (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polda Metro Jaya," ucap Wisnu kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/11).

Irvan selaku pelapor, mengatakan sebagai umat Islam ia merasa tersinggung dengan pertanyaan Sukmawati. Menurut dia, pernyataan itu merendahkan Nabi Muhammad.

"Perasaan saya sebagai umat Islam dan mungkin juga banyak jutaan umat Islam di Indonesia yang juga merasa sangat tersinggung karena nabinya yang mulia dibandingkan dengan Soekarno. Kita bukan berarti tidak mengakui jasa Bapak Soekarno," ujar dia. 

Irvan mengaku tertarik untuk bertemu dengan Sukmawati dan berdiskusi soal agama dengannya. "Tapi, proses hukum harus tetap berjalan," tegas dia.

Sebelumnya, Koordinator Bela Islam (Korlabi) melaporkan Sukmawati atas dugaan penistaan agama Islam. Laporan tersebut diterima Polda Metro Jaya dengan nomor register LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimum.

Sponsored

Sukmawati membandingkan peran Nabi Muhammad dan Soekarno dalam sebuah acara diskusi bertema nasionalisme yang digelar Divisi Humas Polri di Jakarta, pekan lalu. Ketika itu, ia mempertanyakan peran Nabi Muhammad dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

"Sekarang saya mau tanya, 'Yang berjuang di abad ke-20 itu Nabi Yang Mulia Muhammad atau Insinyur Soekarno?' Untuk kemerdekaan Indonesia,"  tanya Sukmawati kepada peserta diskusi.
 

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid