sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud MD minta FPI kirim bukti otentik pencekalan Rizieq

Foto-foto surat pencekalan bos FPI Rizieq Shihab bukan bukti otentik.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 14 Nov 2019 16:47 WIB
Mahfud MD minta FPI kirim bukti otentik pencekalan Rizieq
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membenarkan ia telah dikirimi sejumlah foto yang diklaim sebagai surat pencekalan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. 

Namun demikian, menurut Mahfud, foto-foto yang dikirimkan pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, itu belum bisa dijadikan bukti adanya pencekalan terhadap Rizieq. 

"Bukan (bukti). Bagaimana kamu (bertindak) kalau dikasih hanya (foto) surat seperti itu? Bagaimana cara membuktikannya coba? Beritahu saya. Saya laksanakan kalau kamu tahu caranya (atau) kalau kamu menganggap itu bukti," ujar Mahfud di Kemenko Polhukam, Kamis (14/11).

Mahfud mengatakan hingga kini FPI belum mengirimkan bukti otentik terkait pencekalan Rizieq. Karena itu, pemerintah tidak bisa membantu dia pulang ke Tanah Air. "Tidak ada. Kalau ada, silakan. Saya bilang, kasih ke saya," imbuhnya. 

Sebelumnya, Sugito menantang Mahfud untuk membuktikan pernyataannya menyelesaikan pencekalan terhadap Rizieq Shihab. Ia mengklaim telah mengirimkan sejumlah bukti pencekalan kepada Mahfud, semisal foto-foto surat pencekalan dan berkas-berkas terkait lainnya. 

"Mungkin dia terlaku sibuk, jadi tidak membalas (WhatsApp/WA). Padahal, saya sudah kirim ke dia kemarin bukti-bukti itu via WA. Sudah dibaca juga statusnya, tapi memang belum ada tanggapan," kata Sugito.

Juru bicara FPI Munarman sempat mengklarifikasi isu pencekalan Rizieq. Ia membenarkan pernyataan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie yang menyebut tidak pernah mengeluarkan surat pencekalan untuk Rizieq. 

Menurut Munarman, pencekalan datang dari otoritas imigrasi Arab Saudi. Pihak imigrasi Arab Saudi mendapatkan permintaan untuk tidak membiarkan Rizieq keluar dari negara tersebut dari institusi intelijen Arab Saudi. 

Sponsored

"Pemerintah Saudi mengkhawatirkan apabila Habib Rizieq keluar dari Saudi, keamanannya tidak terjamin. Itu pernyataan yang kami pegang dulu," ujar Munarman. 

Rizieq berada di Arab Saudi sejak 2017. Sepanjang masa kampanye Pilpres 2019, beberapa kali Rizieq muncul lewat rekaman video atau suara untuk mengkritik pemerintahan Jokowi dan menyatakan dukungannya terhadap pasangan Prabowo-Sandi.


 

Berita Lainnya