sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Malam ini, Khofifah tinjau banjir bandang Bondowoso

Dia mengklaim, air sudah mulai surut dan warga sedang bersih-bersih.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Rabu, 29 Jan 2020 22:09 WIB
Malam ini, Khofifah tinjau banjir bandang Bondowoso
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 240687
Dirawat 56889
Meninggal 9448
Sembuh 174350

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi lokasi dan korban banjir bandang di Kabupaten Bondowoso, Rabu (29/1) malam. Dia berangkat bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Bina Marga.

"Saya malam ini (jalan). Saya rasa, satu jam lagi berangkat ke Bondowoso. Tim BPBD sudah ke sana," ucapnya di Grahadi, Kota Surabaya, Jatim, beberapa saat lalu.

Banjir bandang setinggi 60 sentimeter menerjang Dusun Kampung Baru, Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso, hari ini. BPBD Jatim memprakirakan, bencana disebabkan hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Raung, sekitar pukul 13.00 selama sejam.

Khofifah mengklaim, banjir telah surut sejak pukul 17.00 tadi. Warga pun langsung bersih-bersih menggunakan alat seadanya. 

Ihwal korban, ungkapnya merujuk data sementara, sebanyak tiga orang terluka. Diharapkan takada korban jiwa.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, tambah dia, juga membawa beberapa alat yang bisa membantu pemulihan. "Mungkin satu truk sudah berjalan. Yang bersama saya, juga membawa makanan," tuturnya.

Mantan Anggota DPR RI itu melanjutkan, telah berkoordinasi dengan tim Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mengirim logistik. Sekitar pukul 18.00, bantuan dikirim.

Kepala Dinsos dan BPBD turut menuju lokasi. Dirinya pun mengajak Kepala Dinas Bina Marga, Gatot Sulistyohadi, untuk mengecek potensi perbaikan infrastruktur.

Sponsored

"Mudah-mudahan saudara kita di Bondowoso kuat menerima ujian ini. Sabar. Mudah-mudahan recovery berjalan," katanya.

Berita Lainnya