sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kemenkominfo imbau masyarakat tak sebar hoaks coronavirus

Masyarakat diminta mencari informasi coronavirus dari institusi berwenang.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 29 Jan 2020 10:12 WIB
Kemenkominfo imbau masyarakat tak sebar hoaks coronavirus
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta masyarakat tak menyebar informasi bohong atau hoaks ihwal coronavirus. Masyarakat pun diminta mengacu pada institusi resmi pemerintah untuk mengetahui informasi seputar virus yang pertama kali menyebar dari wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, China.

"Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya, yang disampaikan oleh institusi resmi," kata Johnny dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (29/1).

Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mendeteksi adanya penyebaran hoaks dan disinformasi tentang coronavirus di media sosial. Namun, ia tak menyebut jumlah dan siapa saja yang menyebarkan informasi bohong tersebut. 

Masyarakat diharapkan mengacu pada Kementerian Kesehatan yang telah menyediakan informasi tentang virus ini. Informasi seputar gejala yang timbul saat seseorang terinfeksi coronavirus, juga telah disampaikan Kementerian Kesehatan.

Sponsored

Johnny memastikan, hingga saat ini belum ada warga negara Indonesia yang terinfeksi virus baru ini, baik di tanah air maupun di luar negeri. Namun, diakui virus ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia.

Sejauh ini, sudah ada 18 negara yang warganya dinyatakan positif terkena coronavirus. China masih menjadi wilayah dengan penyebaran tertinggi, dengan 5.494 orang terinfeksi.

Adapun total kasus infeksi coronavirus telah mencapai 5.578 kasus di seluruh dunia. Ada total 131 orang yang meninggal akibat serangan penyakit ini. (Ant)

Berita Lainnya