sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pandu Laut Nusantara ajak masyarakat tolak plastik sekali pakai

Kelompok Pandu Laut Nusantara mengingatkan bahwa gaya hidup kita secara tidak sadar sedang membangun monster plastik.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Sabtu, 20 Jul 2019 12:58 WIB
Pandu Laut Nusantara ajak masyarakat tolak plastik sekali pakai

Gerakan Pandu Laut Nusantara mengajak masyarakat Indonesia untuk menghentikan penggunakan plastik sekali pakai. McKinsey & Company menyebut, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia selain China, Filipina, Thailand dan Vietnam. 

Ketua Harian Pandu Laut Nusantara Prita Laura mengatakan, gaya hidup yang menghasilkan banyak sampah plastik secara tidak sadar sedang membangun monster plastik.

"Masing-masing kita punya senjata untuk mengalahkan monster plastik, kalau pemerintah senjatanya adalah kebijakan, dan kita masyarakat senjatanya dengan mengubah gaya hidup yang berhenti menggunakan plastik sekali pakai," ujar Prita Laura dalam aksi Tolak Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (20/7).

Vokalis Slank, Kaka, turut hadir dalam aksi tersebut. Dia menjelaskan alasannya bergabung dalam gerakan ini adalah untuk memberikan pengaruh lebih besar dalam menyadarkan masyarakat untuk berhenti menggunakan plastik sekali pakai. 

"Musik itu dipercaya bisa mengumpulkan banyak orang dengan membawa suatu misi dan ide bersama, dan ini juga supaya campaign ini bisa di-buzz lebih besar lagi ke banyak orang," tutur Kaka.
 
Kaka menyadari bahwa dalam setiap konser musiknya masih banyak penonton yang menggunakan plastik sekali pakai.

"Saya berkali-kali selalu ngomong, datang ke konser membawa sampah dan pulang bersama sampahmu juga. Fans Slank cukup smart untuk sadari bahwa sampah itu udah jadi ancaman," kata Kaka. 

Dalam kesempatan yang sama, Kaka juga mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam aksi penolakan plastik sekali pakai yang akan digelar pada Minggu (21/7) pukul 06.00 di Car Free Day (CFD) Bundaran HI, Jakarta. 

"Besok jangan lupa datang ke CFD, mari kita tes kepekaan kita besok di CFD," imbuhnya. 

Sponsored

Diperkirakan lebih dari 1000 orang akan hadir dan melakukan longmarch dari Bundaran HI menuju taman aspirasi Monas besok. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang merupakan pembina Pandu Laut Nusantara direncanakan juga akan turut serta. Acara juga akan dimeriahkan oleh grup band Navicula.