close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
 Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menjelaskan mengenai peristiwa penembakan di kantor MUI, Jakpus, Selasa (2/5). Alinea.id/Ayu Mumpuni
icon caption
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menjelaskan mengenai peristiwa penembakan di kantor MUI, Jakpus, Selasa (2/5). Alinea.id/Ayu Mumpuni
Nasional
Selasa, 02 Mei 2023 14:45

Pelaku penembakan di kantor MUI sempat pingsan saat ditangkap

Korban melakukan penembakan kepada resepsionis dan pihak keamanan, di mana salah satu korban terkena tembakan di bagian punggung.
swipe

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menjelaskan kronologi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, pada pukul 11.24 WIB hari ini. Awalnya, pelaku berinisial M memasuki gedung MUI dan menyatakan ingin bertemu Ketua MUI.

Kemudian, pengamanan dalam (pamdal) menahannya karena tidak jelas tujuannya ingin bertemu dan dari mana asalnya. Lalu, pelaku mengeluarkan senjata dan melakukan penembakan dengan airsoftgun.

“Bersangkutan (tersangka) ke luar, sama pamdal dan karyawan di dalam dikejar. Kemudian diamankan, beberapa saat pelaku ini pingsan,” tuturnya dalam konferensi pers di lokasi kejadian, Selasa (2/5).

Dia menegaskan, korban melakukan penembakan kepada resepsionis dan pihak keamanan, di mana salah satu korban terkena tembakan di bagian punggung.

Ditambahkan Karyoto, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk melacak latar belakang pelaku. Selain itu, akan ditelusuri apakah pelaku ada kaitannya dengan kelompok teror.

“Kami dalami lah apakah orang-orang ini ada dalam jaringan atau tidak. Yang jelas, yang bersangkutan menembakan dengan senjata tadi dan ada korban,” katanya.

Untuk diketahui, pelaku penembakan di kantor MUI meninggal dunia di Puskesmas Menteng. Jenazah korban kini di RS Polri untuk dilakukan autopsi.

Penembakan di kantor MUI terjadi pukul 11.24 WIB. Pelaku merupakan warga Lampung yang sempat mengirimkan dua kali surat kepada Ketua MUI.

img
Ayu mumpuni
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan