sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Jabar prioritaskan penanganan Covid-19 di Bodebek

Penanggulangan pandemi di "Bumi Pasundan" menerapkan lima prinsip.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 21 Okt 2020 16:18 WIB
Pemprov Jabar prioritaskan penanganan Covid-19 di Bodebek
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memprioritaskan kawasan Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) dalam penanganan pandemi coronavirus baru (Covid-19). Pangkalnya, menjadi daerah penyumbang kasus tertinggi di "Bumi Pasundan".

"Energi dan anggaran Jabar dalam jangka pendek (untuk penanggulangan COVID-19) akan fokus di Bodebek," ucap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Dalam pelaksanaannya, sambung dia, menerapkan lima prinsip. Pertama, proaktif. "Karena wilayah Indonesia sangat besar, sehingga pemerintah daerah harus mampu membuat keputusan secara cepat."

Kedua, transparan lantaran. Kata Emil, sapaannya, keterbukaan informasi telah dilakukan melalui aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar).

Selanjutnya, melansir mencuplik situs web Pemprov Jabar, mengarusutamakan ilmu pengetahuan (scientific leadership). Segala keputusan yang diambil merujuk pendapat dan rekomendasi para ahli. 

"Prinsip ke-4, inovatif. Jabar mampu menggerakkan seluruh industri untuk fokus melawan pandemi, antara lain dengan adanya fasilitas waste management untuk limbah Covid-19 hingga membuat ventilator dan alat pelindung diri (APD)," tuturnya. Terakhir, kolaborasi dengan berbagai pihak.

Di sisi lain, Emil menerangkan, metode tes usap secara polymerase chain reaction (PCR) di Jabar telah memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencapai 1% dari total populasi. 

Merujuk Pikobar hingga Selasa (20/10), pukul 21.00, telah dilakukan 502.993 tes PCR di Jabar. Sedangkan sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), Jabar memiliki 49,3 juta penduduk.

Sponsored
Berita Lainnya