sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi periksa Hersubeno Arief terkait laporan Luhut Pandjaitan

Dia diperiksa sebagai saksi sejak Rabu pagi, 27 Mei.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 27 Mei 2020 17:21 WIB
Polisi periksa Hersubeno Arief terkait laporan Luhut Pandjaitan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 543.975
Dirawat 71.420
Meninggal 17.081
Sembuh 454.879

Penyidik Bareskrim Polri tengah memeriksa jurnalis Hersubeno Arief (HA) terkait laporan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, terhadap bekas Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Said Didu.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, menyatakan, Hersubeno diperiksa sejak Rabu (27/5) pagi. Pemeriksaan ini merupakan penundaan atas panggilan sebelumnya.

"Pengacara HA telah mengonfirmasi kepada penyidik untuk menghadirkan HA dalam pemeriksaan hari ini sebagai saksi," katanya saat konferensi pers secara daring, beberapa saat lalu.

Hersubeno mulanya diperiksa pada 19 Mei. Namun, Hersubeno tak memenuhi panggilan tersebut dengan dalih pandemi coronavirus baru (Covid-19).

Sponsored

Selanjutnya, tambah Ramadhan, penyidik akan memanggil para saksi ahli. Kemudian, melakukan gelar perkara untuk kasus tersebut.

Said Didu dilaporkan Luhut pada 8 April 2020 dengan nomor pelaporan LP/B/0187/IV/2020/Bareskrim. Ia dilaporkan atas dugaan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dan/atau menyebarkan hoaks yang dapat menyebabkan keonaran di masyarakat.

Pernyataan Said Didu yang dilaporkan, menyebut Luhut mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan pandemi, dilontarkan kala diwawancarai Hersubeno Arif. Hasil rekamannya diunggah di Youtube dan menyebar di media sosial.

Berita Lainnya