sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi tangkap 3 tersangka pembobol kantor media Katadata

Tiga tersangka, yakni EJ (53), MA alias ARI (35) dan S ditangkap setelah menjalankan aksinya di kantor media Katadata

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 27 Nov 2019 18:28 WIB
Polisi tangkap 3 tersangka pembobol kantor media Katadata
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Komplotan pencuri yang membobol kantor media online Katadata Indonesia dibekuk tim Polsek Kebayoran Lama.

Kepala Polsek Metro Kebayoran Lama Kompol Indra Ranudikarta mengatakan tiga tersangka, yakni EJ (53), MA alias ARI (35) dan S ditangkap setelah menjalankan aksinya di kantor media Katadata. Ketiganya melakukan aksi dengan dua orang lainnya yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Ketiganya ditangkap setelah melakukan pembobolan di kantor Katadata dan telah melakukan pembobolan serupa sebanyak sembilan kali," kata Indra di Polsek Kebayoran Lama, Rabu (27/11).

Kelompok ini melakukan aksinya dengan modus memantau lokasi, karyawan, dan memilih secara acak target sasarannya

Menurut Indra, masing-masing tersangka memiliki peranan. EJ melakukan pemantauan dan menyopir mobil untuk mengangkut hasil curian. Sebagai pelaku utama, EJ juga mendapatkan keuntungan terbanyak. Hasil yang didapatnya Rp5,5 juta dan untuk keperluan pribadi.

Indra menuturkan, EJ merupakan residivis untuk kasus yang sama. Ia telah melakukan pembobolan di kantor daerah Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Bogor. EJ selalu menggunakan linggis untuk membobol pintu. Aksi itu dilakukan dengan cepat dan saat kantor yang menjadi sasarannya tak ada yang menjaga.

"Hanya dua menit (membobol)," ujar Indra.

Lalu, ARI berperan sebagai penampung barang hasil curian, sedangkan S merupakan pembeli barang hasil curian. 

Sponsored

Atas perbuatannya, EJ dijerat Pasal 363 KUHP dengan hukuman penjara selama tujuh tahun penjara. Lalu, tersangka M alias Ari dan S dijerat Pasal 480 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara. 

Pencurian di kantor Katadata.co.id yang terletak di Rukan Permata Senayan, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan terjadi pada Sabtu (16/11). Atas tindakan kriminal tersebut, Katadata mengalami kerugian hampir 400 juta. Dari hasil pengecekan, diketahui sembilan unit komputer Apple iMac hilang, berikut satu unit monitor, dan personal computer (PC). Selain itu, tempat penyimpanan kamera dirusak dan laci-laci dibongkar.

Berita Lainnya