logo alinea.id logo alinea.id

Puan: Persiapan POPNAS XV di Papua tetap berjalan

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar Papua kembali kondusif. 

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Sabtu, 24 Agst 2019 15:06 WIB
Puan: Persiapan POPNAS XV di Papua tetap berjalan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV tetap berjalan, meskipun saat ini situasi di Papua memanas. 

Puan yakin, POPNAS XV dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX 2020 bisa terealiasi. Pasalnya, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar Papua kembali kondusif. 

"Kita harus jaga persatuan, enggak bisa memecah belah persatuan dan kesatuan kita. PON akan tetap, Insya Allah sudah kami siapkan," kata Puan saat ditemui usai menghadiri acara pertunjukan kolosal Bidadari-Bidadara di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Jumat malam (23/8). 

Untuk meredam kondisi memanas di Papua, Puan mengklaim pemerintah sudah melakukan dialog bersama dengan otoritas Papua. 

Disamping itu juga, selama lima tahun ke belakang, lanjut dia, Presiden Joko Widodo juga sudah membangun infrastruktur di Papua. Pembangunan tersebut dinilai sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas. 

"Pemerataan keseimbangan antara Barat dan Timur selama lima tahun ini sudah kami lakukan secara maksimal. Namun tetap, Insya Allah ke depannya akan kami perkuat," tuturnya. 

Kendati demikian, Puan mengaku perisapan POPNAS XV dan Peparpenas IX belum mendekati sempurna. Masih ada beberapa infrastruktur yang belum selesai dibangun. 

"Infrastruktur belum sepenuhnya siap. Tapi sedang disiapkan, ditunggu saja," tuturnya. 

Sponsored

Sementara itu, berdasarkan surat resmi dari Gubernur Papua Lukas Enembe yang diterima Alinea.id, pemerintah Papua secara resmi menyatakan tidak siap apabila POPNAS XV dan Peparpenas IX tetap dilaksanakan di Papua. 

Dalam suratnya kepada Kemenpora, Lukas mengatakan, kondisi keamanan di Papua, khususnya Jayapura tak kondusif. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan POPNAS dan Peparpenas di Papua, sebaiknya dipindahkan ke provinsi lain yang dinilai lebih aman. 

"Kami memohan sekiranya bapak Menteri untuk menunjuk provinsi lain menjadi tuan rumah Popnas XV dan Peparpenas IX tahun 2019," tutur Lukas seperti dikutip dalam surat resmi yang dialamatkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 

Seperti diketahui, POPNAS XV dan Peparpenas IX dijadwalkan bakal digelar di Papua pada Oktober 2019.