sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Putra bungsu ungkap kondisi B J Habibie sudah stabil

Putra bungsu, Thareq Kemal Habibie, menegaskan kondisi kondisi kesehatan terbaru Presiden ke-3 RI B J Habibie sudah stabil.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Selasa, 10 Sep 2019 20:28 WIB
Putra bungsu ungkap kondisi B J Habibie sudah stabil

Putra bungsu B J Habibie, Thareq Kemal Habibie, menegaskan kondisi kondisi kesehatan terbaru Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie dinyatakan stabil. 

Meskipun belum pulih benar, pihak keluarga Habibie akan membatasi kunjungan tamu yang hendak membesuknya.

Thareq Kemal Habibie sebagai putra bungsu melalui pernyataan pers pada Selasa (10/9) petang di lobi utama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto mengatakan, kondisi kesehatan Habibie yang menurun sejak Minggu (1/9) disebabkan produktivitas Habibie yang meningkat beberapa pekan terakhir.

"Bapak senang menerima tamu, untuk dimintai pendapat karena beliau pernah jadi presiden, wakil presiden, dan menteri. Bapak dengan senang hati menerima tamu. Bapak memang otaknya masih jalan, tetapi bapak suka lupa kalau badannya sudah tidak bisa mengikuti," kata Thareq. 

Mengingat kondisi fisik Habibie yang melemah seiring usianya yang menginjak 83 tahun, pihak keluarga pun mulai membatasi kunjungan para tamu, baik ke kediaman Habibie di Kuningan, Jakarta Selatan, maupun di RSPAD Gatot Subroto.

Thareq menuturkan, kondisi fisik yang dialami ayahandanya adalah proses alamiah.

"Semua organ di badan melemah sesuai dengan umur. Beliau beraktivitas terlalu banyak sehingga jantungnya lemah," ucapnya. 

Untuk itu, kata dia, Habibie membutuhkan waktu istirahat total dengan tanpa gangguan dari pihak luar.

Sponsored

Wapres JK menjenguk Habibie

Petang tadi sekitar pukul 18.30 WIB Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sempat menjenguk Habibie. Menurut Thareq, Jusuf Kalla hanya datang sebentar.

"Hanya sekitar lima menit, Pak JK memakai masker lalu bertemu dengan kakak saya (Ilham Akbar Habibie) dan dijelaskan kondisi Bapak," katanya.

Thareq juga mengharapkan agar publik mendoakan kesehatan ayahandanya. Dia menyayangkan sejumlah kabar bohong atau hoaks yang tersebar beberapa waktu sebelumnya. 

"Janganlah percaya pada berita hoaks. Keadaan Bapak sudah stabil dan membaik, hanya saja masih sangat lemas, sangat capek," katanya menekankan.

Sebelum Wapres, sejumlah tokoh juga telah menjenguk kondisi B J Habibie di RSPAD Gatot Subroto. Sehari sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menjenguk langsung B J Habibie.