sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Serahkan diri, anggota KKB dapat pengamanan polisi

Rekam jejak tiga anggota KKB yang menyerahkan diri masih ditelusuri.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 19 Mei 2021 19:01 WIB
Serahkan diri, anggota KKB dapat pengamanan polisi

Tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menyerahkan diri beberapa waktu lalu mendapat pengamanan dari aparat penegak hukum.

Pengamanan itu dimaksudkan untuk menghindari terjadinya ancaman dari KKB lainnya atas penyerahan dirinya beserta beberapa senjata.

"Kan mungkin saja dia setelah menyerahkan diri itu dapat ancaman dari temannya, kemudian kami juga tidak sepenuhnya percaya, jadi kami berikan pengamanan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes, Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (19/5).

Menurut Ramadhan, sampai saat ini ketiga anggota KKB yang menyerahkan diri itu masih ditelusuri rekam jejaknya. Pasalnya, mereka akan tetap diproses hukum hingga ke persidangan bila pernah terlibat tindakan kriminal. Statusnya pun sampai saat ini belum ditentukan. "Masih didalami dulu rekam jejaknya," ujarnya.

Sponsored

Sebelumnya diberitakan, terdapat tiga anggota KKB menyerahkan diri ke Satgas Nemangkawi. Mereka adalah YWA (34), MM (17) dan OM (41). Mereka menyerahkan diri setelah pemerintah resmi menetapkan KKB sebagai kelompok teroris.

Polri menyatakan, apabila ada anggota KKB yang menyerahkan diri tetapi tidak memiliki rekam jejak kriminal, maka akan digandeng membangun Papua. Penyelesaian konflik KKB pun diklaim Polri lebih mengedepankan pendekatan humanis.

Berita Lainnya
×
tekid