sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masyarakat bisa beli tiket kereta untuk lebaran mulai hari ini

Ketersediaan tiket kereta lebaran sudah terjual 40% hingga Kamis (31/3) kemarin.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 01 Apr 2022 06:44 WIB
Masyarakat bisa beli tiket kereta untuk lebaran mulai hari ini

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa angkutan Lebaran 1443 H. Masyarakat dapat mengakses di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. 

Kepala Hubungan Masyarakat KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, sejak hari ini, Jumat (1/4), KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April-16 Mei 2022 dan seterusnya. 

“Dengan berlakunya kebijakan tersebut, maka masyarakat yang akan berangkat dari area Daerah Operasi 1 Jakarta sudah dapat melakukan pemesanan tiket untuk momen lebaran,” kata Eva dalam keterangan, Kamis (31/3).

Eva menyebut, KAI Daerah Operasi 1 Jakarta memiliki 57 perjalanan kereta jarak jauh per hari pada masa angkutan lebaran, yakni H-10 s.d H+10 lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 33.028 per hari. 

“Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh, yaitu 100%,” ucap Eva.

Sampai dengan 31 Maret 2022, kata Eva, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek secara total terdapat sebanyak 96.878 tiket KA Jarak Jauh telah terjual. Semua tiket itu untuk keberangkatan periode 22-30 April atau 40% dari total tiket yang disediakan. 

Sementara, pantauan data pada 31 Maret 2022 masih terdapat sekitar 144 ribu tiket KA untuk periode keberangkatan sampai dengan 30 April 2022. Masyarakat masih dapat melakukan pemesanan tiket masa angkutan lebaran dengan ketersediaan yang cukup banyak. 

“Adapun tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 28 April, 29 April, dan 30 April,” ujar Eva.

Sponsored

Eva mengimbau calon pelanggan agar teliti dalam mengisi data seperti tanggal, rute, dan data personal pada saat melakukan pemesanan. Ia meminta masyarakat untuk menyiapkan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun, serta pemeriksaan kembali jadwal keberangkatan KA agar tidak keliru dan berdampak tidak bisa mudik Lebaran. 

Masyarakat juga diimbau untuk selalu mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. 

“Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya. Sosialisasi akan langsung dilakukan jika terdapat aturan baru yang diterbitkan pemerintah terkait perjalanan KA momen lebaran,” tutur Eva. 

Informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. 

Berita Lainnya
×
tekid