sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tinggi muka air di Manggarai menurun

Petugas pintu air Manggarai catat penurunan TMA

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 20 Feb 2021 16:56 WIB
Tinggi muka air di Manggarai menurun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Petugas pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, mencatat penurunan tinggi muka air (TMA) pada sore ini, Sabtu (20/2) pukul 16.00 WIB.

"Update terkini (ketinggian air) 845 sentimeter. Siaga 3. Sudah mulai turun," kata Petugas Pintu Air Manggarai Ibnu Nawawi, saat dihubungi Alinea.id, Sabtu (20/2).

Pantauan petugas pintu air Manggarai, penurunan TMA terjadi sejak pukul 13.00 WIB, setinggi 860 cm. Debit air terus mengalami penurunan hingga saat ini. Status TMA di pintu air Mangarai kini menjadi siaga 3.

Diketahui, hujan deras mengguyur wilayah Jabodetabek pada Sabtu (20/1) dini hari. Pascahujan, sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami banjir.

Sponsored

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memang mencatat sebagian besar wilayah Indonesia masih berada di periode puncak musim hujan dengan intensitas lebat. Puncak musim hujan diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Februari dan awal Maret 2021. Untuk sepekan ke depan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Nah, hari ini hujan akan turun merata hampir seluruh wilayah Jabodetabek. Kalau kemarin (Jumat, 19/2) sebenarnya tidak merata hujannya ya. Tetapi dampaknya sudah seperti itu, makanya kami memandang penting konferensi pers ini karena memang hari ini prediksi kami justru akan terjadi peningkatan intensitas potensi hujan,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual, Sabtu (20/2).

Hari ini  juga diperkirakan Jabodetabek akan diguyur hujan intensitas sedang menuju lebat. Minggu (21/2) besok, justru hujan akan mengguyur hampir seluruh wilayah Jabodetabek dengan intensitas ringan. Untuk Senin (22/2), intensitas hujan juga masih tergolong ringan.

Berita Lainnya