sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

TNI AL identifikasi bangkai KM Santika Nusantara yang terbakar

TNI Angkatan Laut berhasil menemukan bangkai KM Santika Nusantara yang terbakar Kamis (22/8) pada posisi Barat Laut Pulau Bawean, Gresik.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Senin, 26 Agst 2019 22:29 WIB
TNI AL identifikasi bangkai KM Santika Nusantara yang terbakar

TNI Angkatan Laut berhasil menemukan bangkai KM Santika Nusantara yang terbakar Kamis (22/8) pada posisi Barat Laut Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Awalnya TNI AL menemukan bangkai KM Santika Nusantara menggunakan pesawat CN 235. Selanjutnya AL mengindentifikasi menggunakan KRI Ahmad Yani-351.

Kapal penumpang yang mengalami insiden kebakaran tersebut diketahui berada pada posisi 05°15.080' S / 113°10.920' T sebelah barat dari posisi KRI AMY-351 dengan jarak 40 Km. 

Selanjutnya dilaksanakan pengeplotan dan rencana pendekatan dan kesiapan recovery korban oleh KRI AMY-351 menuju diduga KM Santika Nusantara.

Komandan KRI Ahmad Yani-351 Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah mengatakan, kondisi akhir KM Santika Nusantara yakni asap tebal tampak masih mengepul dari arah haluan dan buritan kapal yang berasal dari anjungan yang terbakar. 

Kemudian sekoci penyelamat lambung kanan dalam posisi menggantung karena tidak berhasil meluncur. Sementara sekoci penyelamat di lambung kiri masih tetap dalam posisi semula, dan garis batas permukaan air masih berada di atas air.

"Dari hasil koordinasi lanjut yang berjalan secara intens dengan pesawat patroli maritim udara CN-235 TNI AL dan Basarnas, kami segera meluncur ke lokasi ditemukannya bangkai KM Santika Nusantara untuk mengamankan, melokalisir dan mengidentifikasi area kapal tersebut," kata Letkol Laut (P) Bagus di Surabaya, Senin (26/8).

Bagus mengaku KRI Ahmad Yani-351 akan tetap berada di sekitar lokasi terapungnya KM Santika Nusantara untuk pengamanan dan melaporkan situasi kondisi secara periodik. Selanjutnya, bangkai kapal nahas tersebut dibawa menuju Surabaya.

Sponsored