sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

The Jak Mania nyalakan suar rayakan kemenangan Persija

Sejumlah suporter tim sepak bola Persija atau Jakmania menyalakan suar di luar stadion GBK rayakan kemenangan.

Sukirno
Sukirno Minggu, 09 Des 2018 21:10 WIB
The Jak Mania nyalakan suar rayakan kemenangan Persija
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Sejumlah suporter tim sepak bola Persija atau Jakmania menyalakan suar di luar stadion GBK rayakan kemenangan.

The Jak Mania merayakan kemenangan di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Minggu (9/12) malam. Mereka merayakan kemenangan Persija atas Mitra Kukar dengan skor 2-1.

Suporter juga sempat menyalakan suar saat Marko Simic mencetak gol pada menit ke-59.

Selain suar, Jak Mania juga merayakan gelar juara milik Persija yang terakhir kali didapatkan pada 2001 atau 17 tahun lalu itu dengan menyebar kertas dan menyalakan kembang api.

Saat peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup wasit, Jak Mania bersorak sorai serta mengibarkan bendera dan berbagai atribut tim berjuluk "Macan Kemayoran" itu.

"Alhamdulillah setelah 17 tahun juara juga, walaupun banyak cibiran yang bilang liga setting-an," ujar salah seorang suporter, Wanto (17).

Suporter asal Lubang Buaya Jakarta Timur itu mengaku setelah pertandingan tidak mengikuti konvoi untuk merayakan kemenangan Persija dan memilih untuk pulang.

Ratusan suporter yang tidak memiliki tiket tersebut menyaksikan pertandingan Persija lawan Mitra Kukar melalui layar besar yang dipasang panitia di luar stadion.

Sponsored

Ratusan penonton memenuhi sisi samping Kompleks Olahraga GBK Senayan menanti konvoi pemain Persatuan Sepak Bola Jakarta (Persija) usai klub itu menang 2-1 dari Mitra Kukar, Kaltim pada akhir laga Liga 1 2018.

Sejak pukul 18.00 WIB, ratusan suporter bersama puluhan kendaraan bermotor mulai terparkir berjejer memenuhi sisi paling kiri Jalan Sudirman, khususnya seberang halte Transjakarta Gelora Bung Karno.

"Kami mau menunggu konvoi pemain. Mau ikut dengan mereka merayakan kemenangan di Balai Kota," kata Ari (28), suporter asal Kemayoran saat ditemui di depan FX Sudirman, Jakarta.

Ari mengatakan, banyak suporter yang sengaja memarkirkan kendaraan dan berdiri di pinggir jalan, karena ingin melihat serta memberi selamat langsung ke para pemain Persija.

"Hari ini bersejarah, harus menunggu 17 tahun untuk (kembali) menang," sebut Ari.

Tidak lama setelah banyak motor dan kendaraan roda empat terparkir, jajaran petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Ditlantas Polda mengatur para suporter agar tidak mengganggu lalu lintas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan pertandingan Persija Jakarta melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Facebook).

Jawara musim 2018

Klub sepak bola Persija Jakarta berhasil menjadi juara Liga 1 Indonesia musim 2018 usai menaklukkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di laga pekan terakhir atau pekan ke-34 di Jakarta, Minggu (9/12).

Dua gol dalam pertandingan yang digelar di SUGBK, Jakarta tersebut dicetak oleh penyerang Marko Simic pada menit ke-17 dan 59. Sementara Mitra Kukar mencetak gol di menit ke-88 melalui tendangan Aldino Herdianto.

Dengan demikian, di klasemen akhir Liga 1, Persija mengumpulkan 61 poin. Jumlah ini lebih banyak satu angka daripada PSM Makassar yang di laga lainnya menaklukkan PSMS Medan dengan skor 5-1 di Stadion Andi Mattalata, Makassar.

Gelar juara menjadi catatan manis bagi Persija karena terakhir kali mereka mendapatkan gelar serupa adalah tahun 2001 atau 17 tahun lalu.

Dalam laga kontra Mitra Kukar, Persija menurunkan para pemain andalannya seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Renan Silva, hingga sang kapten Ismed Sofyan.

Pada menit kedelapan Ismed Sofyan membuka peluang, tetapi tendangannya tak tepat sasaran gawang Mitra Kukar yang dikawal Yoo Jaehoon.

Terus mengurung pertahanan lawannya, Persija kemudian mendapatkan hadiah penalti setelah Marko Simic dianggap terjatuh karea pelanggaran bek Saepuloh Maulana.

Simic yang mengambil sendiri sepakan 12 pas pada menit ke-17 tidak menyiayiakan kesempatan. Gol tercipta dan skor 1-0 untuk keunggulan anak-anak asuh pelatih Stefano "Teco" Cugurra.

Mitra Kukar yang memainkan para pemain muda seperti Septian David Maulana dan Muhammad Luthfi terus berada dalam tekanan setelah gol tersebut. Peluang demi peluang Persija terus tercipta, tetapi tak ada gol tambahan terjadi.

Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Persija sampai pertandingan memasuki masa jeda. Pada babak kedua, Mitra Kukar yang dilatih Rahmad Darmawan semakin berani jual beli serangan.

Tujuh menit paruh kedua dimulai, Mitra Kukar mengancam melalui Mauricio Leal, tetapi sepakannya dapat diamankan kiper Persija Andritany Ardhiyasa.

Namun, dua menit kemudian atau menit ke-59, Persija membalas serangan itu dengan sebuah gol melalui sundulan Marko Simic. Gol ini sempat membuat pertandingan terhenti selama kurang lebih lima menit karena protes dari pemain-pemain Mitra Kukar.

Setelahnya, laga berjalan semakin menarik. Mitra Kukar memperkecil kedudukan melalui tendangan keras Aldino Herdianto pada menit ke-88. Tak ada gol lain datang setelahnya. Skor bertahan 2-1 untuk kemenangan Persija Jakarta.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Andritany Ardhiyasa-pg, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, M. Rezaldi Hehanussa, Rohit Chand, Sandi Sute (46', Ramdani Lestaluhu), Novri Setiawan, Renan da Silva (74', Asri Akbar), Riko Simanjuntak, Marko Simic (88', Bambang Pamungkas).

Mitra Kukar: Yoo Jaehoon-pg, Dedy Gusmawan (kapten, 87', Andre Agustiar), Mauricio Aparecido, Saepuloh Maulana, Wiganda Pradika, Dedy Hartono, Muhammad Luthfi, Septian David Maulana (75', Aldino Herdianto), Anindito Wahyu, Fernando Rodrigues, Hendra Adi Bayauw (73', Arif Suyono). (Ant).

Berita Lainnya