sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Timnasnya lolos ke final Piala Dunia, warga Argentina pesta di jalanan

Para penggemar memenuhi jalan-jalan Ibu Kota Buenos Aires setelah pertandingan berakhir, dengan orang-orang melambai-lambaikan bendera.

Hermansah
Hermansah Rabu, 14 Des 2022 08:44 WIB
Timnasnya lolos ke final Piala Dunia, warga Argentina pesta di jalanan

Jalan-jalan di Argentina berubah menjadi pesta pada Selasa (13/12) waktu setempat, saat tim nasional mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0 dan membuat negara Amerika Selatan yang gila sepak bola ini mendapat tempat di final Piala Dunia.

Para penggemar memenuhi jalan-jalan Ibu Kota Buenos Aires setelah pertandingan berakhir, dengan orang-orang melambai-lambaikan bendera Argentina dari mobil mereka. Sementara yang lain melompat dan bernyanyi kegirangan di tengah lautan mengenakan seragam tim nasional.

Sebelumnya, Buenos Aires terhenti pada sore musim panas yang terik ketika para penggemar memadati kafe, restoran, dan alun-alun publik, di mana layar raksasa mengikuti eksploitasi tim yang dipimpin Lionel Messi.

"Saya benar-benar kecanduan," kata Emiliano Adam, 31, yang bekerja di sebuah biro iklan dan merayakannya di jalan-jalan Buenos Aires sambil mengenakan bendera negara sebagai jubah. “Ini pertandingan pertama yang tidak membuat saya menderita, pertama kali saya bisa menikmati pertandingan dari awal sampai akhir,” kata dia lagi.

Argentina akan memainkan pertandingan terakhir Piala Dunia melawan Prancis atau Maroko, yang akan berhadapan pada Rabu (14/12) waktu setempat.

Dengan pertandingan final yang masih beberapa hari lagi, Selasa ini menjadi hari yang menyenangkan saat ribuan orang turun ke ikonik ibu kota, Obelisk.

Awal yang menyakitkan dari turnamen untuk Argentina diikuti oleh serangkaian kemenangan yang telah membawa kegembiraan yang sangat dibutuhkan bagi negara yang terjebak dalam kemandekan ekonomi dengan salah satu tingkat inflasi tertinggi di dunia, yang hampir 100% per tahun, dan di mana hampir empat dari setiap 10 orang hidup dalam kemiskinan.

“Kami semua sangat bersemangat, sudah lama sekali sejak kami menjalani kebahagiaan seperti ini. Indah sekali, maksud saya lihat ini, ” kata Laila Desmery, aktris berusia 27 tahun, sambil menunjuk orang-orang yang menari dan berpesta di jalan. “Sungguh tidak dapat dijelaskan kegembiraan yang akan kita alami dalam beberapa hari ke depan,” kata dia lagi.

Sponsored

Harapan setinggi langit untuk tim Argentina meningkat setelah perempat final melawan Belanda, sebuah pertandingan yang berakhir dengan adu penalti. Piala Dunia kali ini menimbulkan perasaan kolektif tim, apalagi setelah kalah dalam pertandingan pembukaannya melawan Saudi Arabia.

“Ini adalah antitesis dari pertandingan terakhir, kami menang dengan mudah, dengan banyak keuntungan dan tanpa banyak ketegangan dan tekanan,” kata Valentina González, 31, seorang manajer media sosial.

Mariano Balestrasse mengatakan sangat bangga dengan bagaimana tim nasional “telah meningkat secara signifikan setiap hari dan di setiap pertandingan suporter bisa melihat peningkatan.”

Dalam hal itu, kekalahan mengejutkan melawan Arab Saudi “membantu mengonsolidasikan tim,” kata arsitek berusia 28 tahun itu.

“Tim ini banyak berhubungan dengan masyarakat, Anda dapat melihat bahwa mereka sangat bersatu dan mereka menyebarkannya,” kata Abe Pérez, seorang pegawai negeri sipil berusia 52 tahun.

Di sebuah kafe tradisional di lingkungan Buenos Aires di Palermo, mereka yang dengan gugup menatap layar televisi meledak dalam kegembiraan ketika Messi mencetak tendangan penalti, mengakhiri 33 menit tanpa gol yang menyakitkan.

"Messi, Messi, Messi," para penonton mulai berteriak saat mereka menggerakkan tangan mereka dengan tepuk tangan meriah.

Hanya lima menit kemudian, bahkan sebelum penonton memiliki kesempatan untuk menenangkan diri, Julián Álvarez mencetak gol yang mengesankan, dan membuat skor menjadi 2-0.

Pada babak kedua, penonton sangat gembira dan ketika Álvarez, dengan assist dari Messi, mencetak gol ketiga, kegembiraan meluap dengan orang-orang melompat ke kursi, berciuman, dan berpelukan.

“Dengan memegang tangan Messi, kami akan pergi jauh-jauh,” teriak penonton.

Sumber : Associated Press

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid