logo alinea.id logo alinea.id

Kampiun dapil Jatim VII: Dari putra SBY hingga eks jubir KPK

Putra Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro alias Ibas, meraup suara terbanyak di dapil tersebut.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Jumat, 10 Mei 2019 17:48 WIB
Kampiun dapil Jatim VII: Dari putra SBY hingga eks jubir KPK

Putra bungsu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, dipastikan bakal kembali menjadi penghuni Gedung DPR RI. Caleg petahana dari partai berlambang mercy itu bahkan meraup suara terbanyak dari daerah pemilihan (dapil) Jatim VII. 

Dari dapil yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Magetan, dan Trenggalek itu, Ibas meraup 263.510 suara. Hasil rekapitulasi KPU Jatim menunjukkan sekitar 120.742 suara diperoleh Ibas dari Pacitan, kampung halaman SBY. 

Di bawah Ibas, mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin bertengger dengan raupan 196.886 suara. Politikus Partai NasDem itu dipepet istri Bupati Ponorogo Ipong Muslichsonni, Sri Wahyuni, yang mendapat 161.102 suara.
 
Sri Wahyuni--yang juga maju lewat Partai Nasdem itu--berhasil menggeser caleg petahana Yayuk Sri Rahayu Ningsih yang hanya memperoleh 46.745 suara.

Kepada Alinea.id, Hasan Aminudin mengapresiasi dukungan rakyat Jatim kepadanya. "Rakyat memaksa saya kembali untuk mewakili di Senayan. Ini membuktikan rakyat masih percaya terhadap saya," jelasnya.

Hasan mengaku kaget bisa bertengger di posisi kedua. Pasalnya, ia mengaku tidak pernah melancarkan politik uang. "Kalau selama ini banyak isu caleg melakukan kampanye menggunakan amplop, maka saya tak pernah menggunakan cara itu," tuturnya.

Dari jatah 8 kursi, dua kursi digaet politikus PDI-Perjuangan Johan Budi Sapto Pribowo (76.395 suara) dan Inna Ammania (76.792 suara). Johan Budi dan Inna mendongkel rekan caleg petahana dari partai yang sama, Budiman Sudjatmiko. 

Johan sebelumnya dikenal sebagai mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sedangkan Inna sempat merasakan empuknya kursi anggota dewan pada periode 2009-2014. Tambahan satu kursi bagi PDI-P membuat PKS kehilangan 'jatah' di dapil tersebut. 
 
Sisa kursi lainnya digaet politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ibnu Multazam dengan raupan 88.426 suara, caleg Golkar Gatot Sudjito (100.254 suara), caleg Gerindra Supriyanto (57.113 suara), dan rekan Ibas dari Partai Demokrat Sartono yang meraup 62.757 suara. 

Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan menjelaskan proses rekapitulasi suara tingkat provinsi berjalan dengan lancar. Namun demikian, sejumlah perbaikan data pemilih terus dilakukan KPU Jatim di sejumlah daerah sesuai rekomendasi Bawaslu. 

Sponsored

"Bawaslu Jatim sempat memerintahkan kami untuk mencocokan DA1 plano dengan DB1 di Kabupaten Probolinggo karena ada perubahan suara di salah satu partai politik," jelas dia.