sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Konser Putih diharap jadi kampanye terbesar di Indonesia

Besarnya jumlah massa dalam Konser Putih Bersatu dinilai jadi bukti politik hitam dan hoaks yang menyerang Jokowi dapat dipatahkan.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Sabtu, 13 Apr 2019 16:02 WIB
Konser Putih diharap jadi kampanye terbesar di Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 22750
Dirawat 15717
Meninggal 1391
Sembuh 5642

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, memperkirakan lebih dari satu juta orang mengikuti kampanye akbar pasangan  nomor urut 01 di Gelora Bung Karno (GBK). Besarnya massa yang mengikuti kampanye sekaligus menyaksikan 500 artis dalam Konser Putih Bersatu, diharapkan menjadi penanda kegiatan ini menjadi kampanye terbesar yang pernah ada di Indonesia.

"Akumulasi massa rakyat mencapai lebih dari 1,2 juta orang," kata Hasto di Jakarta, Sabtu (13/4). 

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa politik hitam dan hoaks yang selama ini menyerang Jokowi-Ma'ruf dapat dipatahkan. Hal ini juga menunjukkan perbedaan pasangan petahana dengan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Hasto, politik bagi Prabowo-Sandi adalah mobilisasi. Adapun Jokowi-Ma'ruf menghadirkan politik silaturahmi yang menyatu dengan kekuatan rakyat melalui blusukan. 

"Ketika politik mobilisasi berhadapan dengan politik putih dan blusukan, maka rakyat hadir sebagai benteng kekuatan Jokowi," katanya. 

Sementara itu, berdasarkan data yang dihitung melalui mapchecking.com, total maksimal kapasitas GBK hanya berkisar 592.221 orang. Jumlah itu sudah menghitung baik di dalam dan luar stadion.

Sumber: mapchecking.com

Ketua Konvensi Akbar Rakyat Konser Putih Bersatu, Abdee Negara, berharap kampanye terakhir Jokowi-Ma'ruf ini dikenang sebagai kampanye terbesar dalam sejarah pemilu di Indonesia. 

Sponsored

"Rapat umum rakyat yang diharapkan menjadi ajang kampanye terbesar pemilu yang pernah ada di Indonesia, merupakan puncak kampanye jokowi-Maruf," kata  di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Menurutnya, pelibatan para artis dalam kegiatan ini dilakukan guna menyatukan beragam perbedaan dalam satu semangat kemajuan Indonesia. Mereka juga diharapkan memberi kegembiraan pada rakyat dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

"Hal itu menunjukkan bagaimana kepemimpinan Jokowi penuh daya kreasi, mengakar pada kebudayaan bangsa, berkemajuan, dan hadir penuh semangat gembira melalui hati terbuka," kata gitaris grup band Slank.

Slank menjadi salah satu penampil utama dalam Konser Putih Bersatu ini. Mereka akan membawakan lagu-lagu populer, seperti "Mars Slank" dan "Lo Harus Grak".

Selain Slank, komposer Addie MS juga akan tampil memandu para peserta yang hadir untuk menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" di dalam GBK.

Konser juga akan menghadirkan penampilan kolaborasi dari 100 gitaris Indonesia, di antaranya Ian Antono, John Paul Ivan, dan Toto Tewel. Lalu, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro, Yuni Shara, Inul Daratista, Iis Dahlia, Ruth Sahanaya, Tompi, Giring, Cak Lontong, Desta, Olla Ramlan, Arie Kriting, Krisdayanti, dan Angel Karamoy, juga akan memeriahkan acara.

Ada juga Lakon 30, Kill the DJ, Chacha Fredrica, Ivan Seventeen, Aqi Alexa, Nirina Zubir, Natasha Rizky.

Komedian Lies Hartono alias Cak Lontong dari atas panggung mengajak massa untuk mencoblos nomor 01 pada 17 April mendatang. 

"Saya ingatkan, jangan lupa 17 April yang sah hanya nyoblos satu. kalau nyoblos lebih dari satu tidak sah. Kami di sini untuk bersatu, satu tujuan, satu tujuh April," katanya.

Berita Lainnya