sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengamat sebut kader PBB yang dukung paslon 02 gerbong FPI

Perpecahan suara partai dalam perhelatan pemilu merupakan hal yang wajar. Masih banyak kader PBB yang satu suara dengan Yusril.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 08 Apr 2019 19:05 WIB
Pengamat sebut kader PBB yang dukung paslon 02 gerbong FPI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 248852
Dirawat 57796
Meninggal 9677
Sembuh 180797

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan adanya bendera Partai Bulan Bintang yang berkibar pada kampanye akbar paslon 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu, (7/4) menunjukkan kader PBB tidak satu suara mendukung paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. 

Ia menilai, keberadaan bendera PBB di kampanye akbar paslon 02 itu pun tujuannya memang untuk menunjukkan dukungan partai tersebut kepada paslon 02. Namun demikian, tak semua kader PBB mendukung paslon 02. Ujang menyebut, para kader PBB yang mendukung paslon 02 hanya segelintir. 

“Belum tentu kader PBB lebih banyak ke paslon 02, karena gerbong Yusril juga banyak dan besar di PBB. Jika, ada yang ke 02, bisa saja itu gerbong FPI,” kata Ujang melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta pada Senin, (8/4).

Menurut Ujang, perpecahan suara partai dalam perhelatan pemilu merupakan hal yang wajar. Kendati demikian, ia melihat masih banyak kader PBB yang satu suara dengan Yusril mendukung paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ketua Steering Commitee Partai Bulan Bintang (PBB) Poros Makkah, Ahmad Yani, mengatakan banyak kader partainya yang mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, meski ketua umum PBB, Yusril Ihza Mahendra, menyatakan dukungannya ke paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Jadi, hampir 100% kader PBB mendukung paslon 02 jika dibandingkan dengan PKS, PAN, dan Demokrat. Suara PBB tidak sepenuhnya memberikan dukungan ke Pak Yusril yang mendukung paslon 01,” Ahmad Yani.

Ahmad Yani mengakui, dirinya hadir dalam kampanye akbar Paslon 02, Prabowo-Sandiaga Uno pada Minggu, (7/4). Selain dirinya, ada juga pengurus lainnya yang juga hadir seperti Ketua Majelis Syuro PBB, MS Kaban. Termasuk para calon legislatif dari PBB. 

“Ya karena kami dikasih tahu untuk mendukung paslon 02 secara lantang. Bang Kaban datang resmi, saya pun hadir,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Sponsored

Ia mengatakan, kedatangannya tersebut sebagai bentuk dukungan sejumlah anggota PBB terhadap paslon 02 yang merupakan hasil ijtima ulama. Bahkan menurut Ahmad Yani sebagian besar kader PBB lebih memilih memberikan dukungannya terhadap paslon 02 ketimbang 01.

“Caleg-caleg di PBB yang mendukung paslon 02 rela mengkampanyekan Prabowo-Sandiaga Uno dibandingkan dirinya sendiri. Bahkan upaya memenangkan paslon 02 itu diketahui oleh Sandiaga Uno,” ujarnya.

Berita Lainnya