sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Spider-Man hingga Thor "menaklukkan" warga untuk mencoblos

Warga mengenakan kostum superhero untuk mengajak warga lainnya menggunakan hak pilih.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 17 Apr 2019 12:47 WIB
Spider-Man hingga Thor

Kehadiran sosok pahlawan super Spider-Man di tempat pemungutan suara (TPS) 01 di Kelurahan Pematang Kapau, Kota Pekanbaru, sempat membuat warga heboh. Namun kehadirannya mampu meningkatkan antusiasme warga untuk memilih.

Buktinya, TPS 01 yang awalnya sepi langsung ramai setelah kemunculan Spider-Man. Warga langsung datang dan mengerumuni Spider-Man saat ia datang bersama Gatotkaca dengan berboncengan menggunakan sepeda motor.

Dua tokoh super hero tersebut, ternyata dua lelaki yang bekerja di jasa penyewaan kostum superhero.

Warga mengenakan kostum/AntaraFoto

“Superhero aja ikut memilih, masak kalian tidak,” kata Ahmad Yani, pria di balik kostum manusia laba-laba di lokasi, Rabu (17/4).

Ia mengaku sengaja menggunakan kostum Spider-Man untuk tampil beda di Pemilu 2019. Meski mengaku malu, ia berharap aksinya tersebut membuat warga mau menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi kali ini. 

"Karena biar unik dan biar yang lainnya ikut nyoblos supaya enggak golput,” katanya.

Seorang warga setempat, Mitun, mengatakan sangat terhibur dengan kehadiran dua sosok pahlawan super itu. Ia dan suaminya menyempatkan diri berfoto bersama untuk kenang-kenangan.

Sponsored

“Saya terhibur karena ada mereka (Spider-Man dan Gatotkaca) di sini karena ikut meramaikan Indonesia pesta demokrasi,” kata Mitun.

Hal yang sama terjadi di TPS 10 Banjang Ubung, Kelurahan Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Seorang warga bernama I Gusti Ketut Arsa Wijaya, mengenakan kostum pahlawan super dari karakter Thor saat menggunakan hak pilihnya. 

Warga mengenakan kostum saat pencoblosan./AntaraFoto

"Saya memakai kostum pahlawan super ini untuk menarik warga lainnya agar mau datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya," ujar Arsa Wijaya.

Selain warga yang mengenakan kostum superhero, TPS tersebut juga dihiasi dengan patung-patung tokoh superhero lain seperti Superman, Spider-Man, Thor, Iron Man, Deadpool, Captain Marvel, Black Widow, dan Captain America.

"Pemasangan patung-patung tokoh superhero ini memang salah satu upaya kami untuk menarik minat warga datang ke TPS," ujar Ketua KPPS setempat, Ni Putu Indrayati.

Ia menjelaskan, dengan dekorasi TPS seperti itu, warga yang menggunakan hak pilihnya juga dapat merasa senang dan gembira selama ada di TPS.

Berita Lainnya