sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

10 orang reaktif Covid-19, DPR pikir-pikir kurangi kegiatan fisik

Gedung DPR dinilai sangat riskan penularan Covid-19.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 30 Jun 2020 14:13 WIB
10 orang reaktif Covid-19, DPR pikir-pikir kurangi kegiatan fisik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengklarifikasi informasi soal adanya 10 orang positif Covid-19 di Gedung DPR RI. Kabar tersebut beredar setelah Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi VII kemarin, Senin (29/6) petang.

Menurut Dasco, 10 orang yang disebut positif Covid-19 belum pasti adanya. Mereka baru menujukkan hasil reaktif usai melakukan rapid test.

"10 orang itu baru reaktif, masih akan kita swab lagi, karena kita susah. Waktu itu kan kita sudah persiapkan sebenarnya rapid sendiri, tapi penolakan dari masyarakat luas. Padahal ini di DPR ini ya rentan penularan," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (30/6).

Dikatakan Dasco, Gedung DPR memang sangat riskan penularan lantaran banyaknya orang beraktivitas. Sekalipun pihaknya telah menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat, tetap saja potensi penularan masih ada.

Apalagi, sambung dia, sarana dan prasarana di DPR juga kurang memadai. Ke depan, ia menegaskan, pimpinan DPR RI akan berkoordinasi untuk melakukan evaluasi bersama, salah satunya dengan menggalakkan penyemprotan disinfektan secara rutin dan berkala di seluruh zona gedung dan menyediakan ventilator untuk hal-hal urgen.

"Kalau secara umum memang pengetatan protokol Covid harus lebih ditingkatkan. Dan kita pikir dengan adanya hal seperti ini, mungkin kegiatan fisik akan kita turunkan dari 60% menjadi 50%. Mungkin kita akan usulan kepada pimpinan DPR yang lain," ujar dia.

Kabar 10 orang positif Covid-19 di gedung DPR sebelumnya disampaikan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin saat RDP Komisi VII bersma Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Alex menginformasikan bahwa ada 10 orang yang positif Covid-19 di Gedung DPR. Ia mengaku baru mendapat kabar itu di salah satu lantai di gedung kura-kura tersebut.

Sponsored

"Bapak ibu sekalian pengumuman penting patuhi protokol kesehatan. Baru didapat kabar lima menit yang lalu di lantai atas, saya nggak sebut lantai berapa, 10 orang ditemukan positif," kata Alex.

Adanya kabar itu membuat ia kemudian meminta kepada anggota dan jajaran pertamina, serta seluruh pihak yang hadir secara fisik dalam rapat agar bisa mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Berita Lainnya