sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Daniel Johan ingin jadi Wakil Ketua DPR RI

Sebagai kader partai, menurut Daniel, dirinya tidak boleh menolak saat ditempatkan pada posisi tertentu.

Armidis
Armidis Minggu, 19 Mei 2019 12:02 WIB
Daniel Johan ingin jadi Wakil Ketua DPR RI

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyatakan siap bila diminta oleh partai untuk mengisi jabatan unsur pimpinan DPR RI.

Sebagai kader partai, kata Daniel, tidak boleh menolak saat partai menempatkan dirinya pada posisi tertentu.

"Sebagai kader harus selalu siap sebagai apa pun," kata Daniel Johan kepada alinea.id di Jakarta, Minggu (19/5).

Nama politikus yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Komisi IV ini digadang-gadang bakal mengisi kursi unsur pimpinan. PKB sebagai partai pemenang lima besar, secara regulasi memiliki jatah untuk menduduki jabatan wakil ketua DPR.

Merespons mencuatnya namanya untuk menempati posisi unsur pimpinan DPR, Daniel mengaku tidak mempersiapkan langkah-langkah khusus. Baginya, menduduki posisi pimpinan hanya menjalankan perintah partai.

Dia juga mengaku tidak melakukan lobi-lobi politik agar mendapat mandat untuk menduduki jabatan sebagai wakil ketua DPR.

"Tidak ada persiapan khusus," kata politikus dari daerah pemilihan Kalimantan Barat I tersebut.

Di internal PKB, dua nama mencuat untuk diajukan menempati kursi pimpinan. Selain nama Daniel Johan ada pula nama Cucun Ahmad Syamsurijal yang saat ini menjabat ketua fraksi PKB.

Sponsored

Berdasarkan penghitungan cepat, partai pimpinan Muhaimim Iskandar itu masuk dalam lima besar pemenang Pemilu 2019. Artinya, PKB akan mendapat jatah pimpinan bersama empat partai lainnya.

Sesuai dengan UU MD3 Nomor 2 tahun 2018 ketua DPR akan diberikan kepada partai pemenang pertama. Sementara, empat partai berikutnya akan mendapat kursi wakil pimpinan DPR RI.