logo alinea.id logo alinea.id

Disaksikan Megawati, Puan Maharani resmi dilantik Ketua DPR

Puan Maharani Nakshatra Kusyala resmi dilantik sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024 disaksikan ibundanya, Megawati Soekarnoputri.

Fadli Mubarok Marselinus Gual
Fadli Mubarok | Marselinus Gual Selasa, 01 Okt 2019 20:48 WIB
Disaksikan Megawati, Puan Maharani resmi dilantik Ketua DPR

Puan Maharani Nakshatra Kusyala resmi dilantik sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024 disaksikan ibundanya, Megawati Soekarnoputri.

Politikus PDI Perjuangan itu resmi menjabat sebagai Ketua DPR setelah dilantik dalam Sidang Paripurna perdana legislator periode 2019-2024 pada Selasa (1/10) malam. Dia dilantik dan diambil sumpah sebagai Ketua DPR oleh Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu dilantik bersama empat pimpinan DPR RI lainnya. Keempat Wakil Ketua DPR itu adalah  Azis Syamsuddin (Fraksi Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Fraksi Partai Gerindra), Rahmat Gobel (Fraksi Partai Nasdem), dan Abdul Muhaimin Iskandar (Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa).

Sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat yang menjabat sebagai pimpinan sementara membacakan hasil keputusan rapat konsultasi yang telah digelar hari ini. Berdasarkan rapat, ditetapkan lima pimpinan DPR RI periode 2019-2024.

"Apakah dapat kita setujui untuk kita tetapkan sebagai pimpinan DPR RI?," tanya Abdul Wahab Dalimunthe.

"Setuju," jawab seluruh anggota DPR RI yang hadir dalam sidang. 

Tak lama kemudian, setelah mendengar laporan Abdul, Hatta Ali mengambil sumpah Puan dan empat Wakil Ketua DPR. Pengesahan pimpinan DPR ini disambut tepukan tangan riuh dari anggota dewan yang hadir.

Diketahui, pelantikan Puan ini disaksikan ibunya yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sponsored

Megawati ditemani Sekertaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.

Pelantikan 5 pimpinan DPR RI Periode 2019-2024, Selasa (1/10). Alinea.id/Fadli Mubarok

Senyum Puan

Pantauan Alinea.id di lokasi, terlihat Puan tersenyum sumringah saat namanya dipanggil. Bukan hanya itu, gemuruh tepuk tangan nyaring terdengar saat pimpinan DPR RI 2019-2024 resmi dilantik.

Bahkan, perwakilan Fraksi dari PKB juga sempat bersalawat sambil mengiringi salah satu pimpinan baru DPR RI, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk maju.

Sementara itu, dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua DPR RI, Puan mengatakan pimpinan DPR RI periode 2019-2024 telah memiliki komitmen bersama. Pada masa kepemimpinannya, Puan menegaskan akan menggelorakan semangat gotong royong terbuka dan aspiratif.

"Saya dan para wakil pimpinan anggota DPR  memiliki komitmen bersama. Pada masa kepemimpinan kami akan menggelorakan semangat gotong royong terbuka dan aspiratif," terang puan.

Untuk diketahui, Rapat Paripurna pelantikan pimpinan DPR RI dihadiri oleh 285 anggota DPR RI periode 2019-2024. Sementara sebanyak 290 anggota lain absen dalam kesempatan kali ini.