logo alinea.id logo alinea.id

Gagal di Pilpres 2019, Sandiaga Uno tetap lanjutkan OKE OCE

Sandi pastikan program OKE OCE dan rumah kerja lebih baik daripada program kartu sakti Jokowi.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Minggu, 14 Jul 2019 16:53 WIB
Gagal di Pilpres 2019, Sandiaga Uno tetap lanjutkan OKE OCE

Mantan Cawapres 02 Sandiaga Uno menegaskan dirinya akan tetap memperjuangkan programnya meskipun berada dalam kubu oposisi. Program yang dimaksudkan Sandiaga Uno terkait dengan lapangan pekerjaan dan perbaikan ekonomi Indonesia.

Sandiaga Uno menyebutkan program OKE OCE dan rumah siap kerja miliknya akan terbukti lebih baik dibandingkan dengan program pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) nanti.

“Saya akan buktikan rumah siap kerja dan OKE OCE lebih bagus daripada kartu-kartu itu. Meskipun duit makin tipis. Nyali ada, bertarung ada terus. Mudah-mudahan diberikan kekuatan dan berkah,” ujar Sandiaga Uno dalam diskusi di Jakarta, Minggu (14/7).

Menurut Sandiaga Uno permasalahan ketenagakerjaan memang menjadi masalah yang sangat pelik karena lapangan kerja saat ini masih sangat sulit. Ia pun menjanjikan akan mencetak lapangan kerja baru dengan target dua juta lapangan kerja.

Sponsored

Lebih lanjut Sandiaga Uno menjelaskan permasalahan lapangan pekerjaan yang paling nyata harus diatasi salah satunya terkait lulusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Pasalnya saat ini jenjang sekolah yang ditujukan untuk siap kerja saat lulus tersebut tidak terealisasikan.

Ditambahkan Sandiaga Uno, hal itu berkaitan juga dengan struktur sistem pendidikan di Indonesia yang dianggap tidak bekerja. Sandiaga Uno pun menyatakan perlu ada pembenahan sistem pendidikan untuk merealisasikan lulusan SMK siap kerja.

“Kita juga ada PR (pekerjaan rumah) besar, anak-anak lulusan SMK yang harusnya siap kerja serlah lulus, ternyata paling banyak menganggur. Ada kesalahan sistem pendidikan dan lapangan kerja di sana. Ini (OKE OCE dan rumah siap kerja) jadi peluang dan solusi,” tutur Sandi.