close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Sepak terjang Sandiaga Uno di dunia politik. Alinea.id/Dwi Setiawan
icon caption
Sepak terjang Sandiaga Uno di dunia politik. Alinea.id/Dwi Setiawan
Politik
Selasa, 05 Juli 2022 15:28

Sandiaga Uno jadi cawapres paling dipilih versi survei CiGMark

Sandiaga Uno unggul dengan perolehan 7,7% versi survei CiGMark.
swipe

Survei lembaga riset CiGMark menempatkan nama Sandiaga Uno di pilihan tertinggi sebagai calon Wakil Presiden (cawapres) jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan hari ini. Sebanyak 7,7% responden memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres.

Pendiri CiGMark Setia Darma mengatakan, Sandiaga Uno unggul dari Ridwan Kamil (6,2%), Anies Baswedan (4,9%), Ganjar Pranowo (2,9%), dan Agus Harimurti Yudhoyono (2,7%) secara berurutan.

"Untuk top of mind cawapres, nama yang paling menonjol adalah Sandiaga Uno," kata Setia dalam konferensi pers, Selasa (5/7).

Kendati demikian, menurut Setia, responden yang masih belum punya pilihan dan tidak tahu, serta tidak menjawab masih sangat dominan, yakni 64,9%.

Survei tersebut juga menunjukkan, Ridwan Kamil muncul dalam daftar popularitas Calon Presiden (Capres). Ridwan Kamil berada di urutan ke-4 dengan popularitas sebesar 80,1%, di bawah Sandiaga Uno (83,2%), Anies Baswedan (83,7%), dan Prabowo Subianto (95,8%).

"Ridwan Kamil ada diurutan ke-4 dengan popularitas sebesar 80,1% dengan tingkat kesukaan 67,3%. Tingkat efektivitasnya juga paling tinggi diantara calon lainnya yaitu sebesar 84%," ujar Setia.

Survei CiGMark bertajuk Peta Dukungan Capres 2024 dilakukan pada 9 hingga 7 Juni 2022 di seluruh wilayah Indonesia. Survei ini melibatkan 1.200 responden berusia di atas 15 tahun.

Wawancara dilakukan dengan kuesioner elektronik atau Computer Assisted Personal Interview (CAPI). Metode survei yang dilakukan menggunakan Multistage Random Sampling, dengan margin of error dari survei sebesar 2,83%. Survei ini memotret kinerja pemerintah dan lembaga negara serta peta dukungan capres menjelang 2024.

img
Gempita Surya
Reporter
img
Ayu mumpuni
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan