sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Soal capres, PAN ingatkan agar Ridwan Kamil patuhi keputusan Golkar

KIB telah memutuskan untuk memprioritaskan Airlangga, termasuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono sebagai capres.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 19 Jan 2023 16:42 WIB
Soal capres, PAN ingatkan agar Ridwan Kamil patuhi keputusan Golkar

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga menyatakan, pihaknya menghormati keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi kader Partai Golkar. Namun demikian, terkait calon presiden (capres) Partai Golkar yang diusulkan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), tetaplah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hal itu disampikan Viva Yoga merespons bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar, termasuk isu pencapresan. Diketahui, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, juga termasuk salah satu dari sekian tokoh yang dibidik PAN sebagai capres.

"Karena sekarang Kang Emil telah menjadi kader Golkar, maka Kang Emil harus tunduk patuh kepada kebijakan Golkar. Kang Emil tidak boleh berbeda dengan kebijakan Golkar," kata Viva Yoga kepada wartawan, Kamis (19/1).

"Jika berbeda, maka Kang Emil melanggar kebijakan partai. Saat ini Golkar tetap mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai capres yang akan diusulkan ke KIB," imbuhnya.

Viva mengatakan, KIB telah memutuskan untuk memprioritaskan Airlangga, termasuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono sebagai capres. Namun demikian, Viva menyebut KIB, juga akan memonitor dinamika politik ke depan.

"Pendaftran paslon masih September 2023. Masih lama. KIB tetap solid dan masih cair," tuturnya.

Senada, Ketua DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily menegaskan, jika Musyawarah Nasional (Munas) Golkar telah menetapkan Airlangga sebagai capres. Ace meyakini Ridwan Kamil patuh terhadap keputusan partai.

"Pak RK sudah menunjukkan komitmennya untuk mengikuti dan loyal terhadap keputusan tersebut," kata Ace di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Sponsored

Terkait kemungkinan Ridwan Kamil diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres), Ace tak berkomentar banyak. Menurutnya, Ridwan Kamil sudah menegaskan akan patuh terhadap apapun keputusan partai.

"Pak RK sampaikan beliau politiknya tahu diri. Jadi saya kira beliau akan tunduk kepada apa yang jadi perintah partai," tandas Ace.
 

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid