11 daerah jadi percontohan pendanaan climate change

Masuknya anggaran APBD untuk mendukung penyelamatan lingkungan, akan semakin menguatkan komitmen Indonesia dalam isu climate change.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto Kemenkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong agar pemerintah daerah melalui APBD turut mendanai program-program yang berkaitan dengan perubahan iklim atau climate change. Untuk memulai itu, tahun ini akan diujicobakan pengelolaan dana untuk program perubahan iklim kepada 11 daerah yang terdiri dari tujuh provinsi, tiga kabupaten dan satu kota.

"Tahun ini, kita akan memulai program regional climate budget tagging di level daerah. Akan diujicobakan di 11 daerah," katanya dalam video conference, Selasa (30/3).

Dengan masuknya anggaran APBD untuk mendukung penyelamatan lingkungan, akan semakin menguatkan komitmen Indonesia dalam isu climate change. Pasalnya pemerintah juga telah mendukung program tersebut melalui APBN.

Bendahara negara tersebut mengungkapkan, dukungan APBN untuk perubahan iklim di daerah dapat dilakukan melalui dana transfer pusat ke daerah yang sebagian memang sudah digunakan untuk pengelolaan sampah waste energy.

"Dengan begitu maka indonesia akan menjadi negara yang betul-betul mampu jalankan komitmennya untuk menghindari terjadinya bencana climate change di dunia," ujarnya.