Akuisisi Semen Baturaja, begini penjelasan Semen Indonesia

Akuisisi yang dilakukan menjadi milestone sekaligus portofolio yang penting, baik bagi pemerintah maupun perseroan.

Emiten semen milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Indonesia Group (Persero) Tbk. atau SIG (SMGR), telah memastikan akuisisi PT Semen Baturaja. Foto istimewa

Emiten semen milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Indonesia Group (Persero) Tbk. atau SIG (SMGR), telah memastikan akuisisi PT Semen Baturaja yang akan terealisasi pada akhir tahun ini.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG Andriano Hosny Panangian mengatakan, akuisisi yang dilakukan menjadi milestone sekaligus portofolio yang penting, baik bagi pemerintah maupun perseroan.

“Konsolidasi ini bisa menjadi sinergi, dan sampai saat ini rencana masih berjalan dengan baik, alias on track. Perpindahan capital market akan dimulai pada akhir Oktober hingga November, dan selesai pada Desember,” ucap Hosny dalam Public Expose Live 2022 secara virtual, Jumat (16/9).

Selain masalah konsolidasi dengan Semen Baturaja, hingga akhir tahun perseroan juga terus berupaya menciptakan peluang melalui pengembangan diversifikasi produk dan layanan, dalam rangka mengokohkan posisi sebagai penyedia solusi bahan bangunan yang berkelanjutan.

“Tidak hanya menguasai pangsa pasar semen domestik terbesar, kini SIG juga memiliki variasi produk turunan semen yang memiliki rentang spesifikasi lengkap, serta solusi layanan pendukung untuk memenuhi persyaratan kondisi bangunan, sesuai kebutuhan pelanggan di mana pun berada,” kata Hosny.