Bank BUMN kaji suntik modal Muamalat

Bank-bank badan usaha milik negara (BUMN) masih mengkaji untuk menyuntikkan modal kepada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Bank BUMN kaji suntik modal Muamalat. / Website resmi perseroan

Bank-bank badan usaha milik negara (BUMN) masih mengkaji untuk menyuntikkan modal kepada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. yang tengah kesulitan.

Ketua Umum Perhimpunan Bank Negara (Himbara) Maryono menyatakan bahwa beberapa bank yang tergabung dalam Himbara masih mengkaji mengenai rencana untuk menanamkan modal di Bank Muamalat

Dia menjelaskan, ada beberapa bank sudah menunjukkan ketertarikkannya. Namun, hingga saat ini bank-bank pelat merah itu masih melakukan kajian untuk mengetahui dampak dari penanaman modal tersebut.

"Kita jangan sampai ngomong oke, tapi kajiannya tidak memberikan manfaat. Saya kira, kita perlu melakukan kajian dulu, selama ini belum punya pemikiran untuk melakukan take over Muamalat," ujar Maryono usai menghadiri rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Kamis (12/4).

Menurut dia, jika akan menyuntikkan modal melalui private placement, artinya bank pelat merah itu akan membeli kepemilikan Bank Muamalat. Nantinya, Bank Muamalat dapat dilebur atau merger dengan unit bisnis di bawah bank-bank BUMN yang tengah berproses dalam holding sektor keuangan.