Bank Mandiri kucurkan kredit UMKM Rp200 miliar lewat Investree

Setelah BRI, Bank Mandiri menyalurkan kredit lewat pinjaman online Investree.

Senior EVP Bisnis & Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto (kiri) dan Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi menandatangni perjanjian kerja sama Bank Mandiri-Investree di Jakarta, Rabu (18/12/2019). Foto Antara/Citro Atmoko.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyediakan dana pinjaman tahap awal sebesar Rp200 miliar melalui perusahaan teknologi finansial (fintech) PT Investree Radhika Jaya (Investree). Kredit ini ditujukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Senior EVP Bisnis & Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan  kolaborasi perbankan dengan perusahaan fintech sangat strategis untuk memperluas akses pembiayaan ke pelaku UMKM dengan adanya dengan inovasi teknologi yang dimiliki perusahan fintech.

"Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Investree untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku UMKM yang selama ini belum tersentuh oleh perbankan konvensional, namun memiliki skala usaha yang memadai," ujar Aquarius saat penandatanganan perjanjian kerja sama Bank Mandiri-Investree di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (18/12).

Aquarius menambahkan, kerja sama tersebut merupakan pengembangan atas dua kerja sama dengan usaha rintisan (startup) di bidang peer to peer (P2P) lending yakni PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dan PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) pada tahun lalu. Adapun, total nilai kerjasama dengan kedua startup tersebut adalah sebesar Rp250 miliar.

Kolaborasi dengan fintech lending diharapkan akan meningkatkan kapabilitas bank dalam meningkatkan pengalaman nasabah melalui penggunaan platform digital.