BTS Meal dan wajah K-pop dalam jenama ternama

Globalisasi K-pop ditandai dengan penggunaan artis Korea untuk mengerek brand.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Gegap gempita pembelian BTS meal di gerai-gerai McDonald's telah memicu kehebohan. Menu chicken nugget, kentang goreng, cola, dan sweet chili and cajun sauce itu laris manis di hari pertama peluncuran, Rabu (9/6). Menu yang semula dipasarkan hingga Juli mendatang itu pun kini tak lagi dijual untuk menghindari kerumuman.

Tentu saja ini bukan soal menu makanan semata. Ada logo BTS (Bangtan Sonyeondan) yang menarik histeria para Army (fandom BTS). Bungkus BTS meal yang sudah menjadi sampah pun dibanderol ratusan ribu rupiah di beberapa marketplace.

Salah seorang fan BTS, Dheera rela mengantre berjam-jam untuk bisa memesan BTS Meal di gerai McDonald's dekat rumahnya di Batam, Riau. Wanita 29 tahun itu sempat mengunggah antrean mobil yang mengular masuk ke McDonald's di Instagramnya.

"Mengantre dari jam setengah 1 siang sampai jam 3 sore itu pas pesan. Jadi sekitar 2,5 jam lebih," ujar Dheera kepada Alinea.id, Rabu (16/6). 

Di hari itu, Dheera memang mengaku penasaran dengan produk BTS Meal yang sudah sedari berbulan-bulan lalu ramai diperbincangkan di grup ARMY yang dia ikuti.