Lewat Tokopedia, Dua UMKM asal Kalimantan Selatan dan Sukabumi ini raup untung berkali lipat

UMKM tak hanya mampu bertahan saat pandemi namun juga tumbuh dan terus menggerakkan ekonomi nasional.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Kementerian Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (Kemenkop UKM) mencatat kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 60% terhadap perekonomian nasional. Tak hanya itu, UMKM juga turut berperan menggerakkan perekonomian lokal hingga nasional dan memberdayakan warga di sekitarnya.

Seperti halnya dilakukan oleh produsen teh herbal Tea Heaven yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Bisnis ini bermula dari keprihatinan Devina Amelia yang melihat begitu banyak perkebunan teh yang menghasilkan daun teh pilihan. Namun, produk daun teh berkualitas tinggi itu justru lebih banyak diekspor. Sementara produk teh lokal memakai daun teh dengan kualitas di bawahnya.

“Kalau mau kualitas, kita harus beli (merek teh) dari luar negeri. Dari situ kami bikin merek yang bisa bersaing dengan merek teh luar negeri dan setidaknya Tea Heaven bisa jadi alternatif merek lokal dengan kualitas baik,” katanya saat Virtual Media Briefing Tokopedia Sambut Hari Pahlawan “UMKM Lokal Tokopedia Berdayakan Masyarakat Sekitar, Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional”, belum lama ini.

Tanpa latar belakang ilmu bisnis, lanjutnya, usaha yang bermula tahun 2017 itu juga bermodal cukup terbatas. Ia hanya menjual satu varian produk yaitu teh hijau dengan memilih marketplace Tokopedia sebagai toko online yang bisa menyasar pasar lebih luas. 

“Waktu itu iseng memasukkan teh hijau. Mulai aja dulu, iseng-iseng,” sebut pendiri Tea Heaven ini.