Empat menteri konvoi mempergunakan motor listrik

Konvoi motor listrik ini merupakan bentuk pengenalan kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Konvoi motor listrik ini merupakan bentuk pengenalan kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.Alinea.id/Nanda Aria Putra

Empat menteri melakukan uji coba kendaraan motor listrik di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu pagi (31/8). Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Mereka melakukan uji coba lengkap dengan perlengkapan keamanan seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Mereka berkeliling Monas dan Bundaran Hotel Indonesia (HI), diiringi dengan sejumlah staf dan asosiasi produsen kendaraan listrik.

Konvoi motor listrik ini merupakan bentuk pengenalan kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Sejumlah perusahaan otomotif turut ikut serta dalam kegiatan konvoi kendaraan listrik ini di antaranya, produsen kendaraan listrik dalam negeri seperti, Gesits. 

Kemudian turut serta beberapa perguruan tinggi yang memproduksi kendaraan listrik seperti: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Universitas Brawijaya.