Hutama Karya dapat bantuan Rp25,2 triliun dari PMN

PMN ini untuk percepatan pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Ilustrasi logo Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) menandatanganan Letter of Commitment (LoC) atas Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021 sebesar Rp25,2 triliun. PMN ini untuk percepatan pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Penandatanganan LoC ini, diselenggarakan di Tol Binjai-Stabat karena merupakan salah satu ruas JTTS yang dibangun menggunakan dana PMN TA 2021.

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto dengan Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah, serta disaksikan oleh Menteri Keuangan dan Wakil Menteri BUMN II.

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani menyampaikan, penandatanganan LoC atau kontrak kinerja ini, demi mewujkan akuntabilitas dari dana yang telah diberikan kepada BUMN yang mendapatkan penugasan pemerintah.

“Kami telah melakukan langkah-langkah bersama dengan Kementerian BUMN untuk meyakinkan bahwa seluruh anggaran APBN dalam bentuk PMN, telah diberikan kepada BUMN yang mendapatkan penugasan pemerintah. Di mana harus disertai dengan kontrak kinerja yang sudah disampaikan oleh presiden. Sehingga akuntabilitas dari setiap dana yang dimasukan dalam PMN menjadi lebih jelas dan dihubungkan dengan prioritas nasional,” tutur Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2).