INDEF beri masukan atasi masalah ekonomi kepada Jokowi

Jokowi mengumpulkan para ekonom untuk membahas permasalahan masa kini dan akan datang.

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan HUT Badan Pangan Nasional. Yotube.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Didik J. Rachbini, membagikan ceritanya tentang bagaimana dirinya yang selalu memberikan masukan kritis tentang perekonomian Indonesia kepada Presiden Jokowi. Jokowi pun tetap menerima masukannya walau masukan tersebut kritis terhadap kebijakan yang ada.

Jokowi juga selalu mengapresiasi undangan INDEF. Bahkan, senda gurau dengan INDEF juga pernah terjadi di forum klub 100 ekonom yang telah diselenggarakan selama lima tahun terakhir dan Jokowi telah hadir di tiga di antaranya. 

Pada suatu pertemuan tersebut, ketika Direktur INDEF Esther Sri Astuti angkat tangan untuk bertanya, Jokowi mengiyakan, dengan alasan, ”Kalau tidak diberi saya bisa ditembak terus oleh INDEF.”

Kemudian terbaru, Jokowi mengundangnya untuk hadir bertemu dengan para ekonom kemarin (3/8). Didik yang kala itu sedang berada di Kulon Progo bergegas mencari tiket untuk kembali ke Jakarta dan melakukan tes PCR. 

Sayangnya, hasil PCR yang terlalu lama keluar membuat ia batal hadir secara langsung dalam pertemuan tersebut. Alhasil, Didik pun hanya bisa memberikan masukan tanpa hadir menemui Jokowi.