Jokowi realokasi anggaran ke 3 sektor untuk mitigasi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat terbatas untuk mengantisipasi dampak Covid-19 ke perekonomian Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 dialihkan untuk tiga pos yakni kesehatan, bantuan sosial (bansos), dan insentif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jokowi menyebut hal ini demi menjaga stabilitas ekonomi dari berbagai kondisi yang terus memburuk akibat Covid-19.

"Di bidang fiskal, kemarin dalam rapat sudah saya perintahkan refocusing dan realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan juga belanja pemerintah daerah, dan APBD di daerah-daerah," katanya dalam teleconference saat rapat terbatas di Istana Negara, Jumat (20/3).

Untuk itu, Jokowi juga memerintahkan kepada para pembantunya agar memangkas rencana belanja pemerintah pusat dan daerah yang tidak prioritas.

"Saya perintahkan semua menteri, juga pemerintah daerah untuk memangkas rencana belanja yang tidak prioritas. Anggaran perjalanan dinas, belanja rapat, pembelian barang, saya minta dipangkas," ujarnya.

Dia pun menekankan agar seluruh pejabat di kementerian dan lembaga, serta pejabat daerah menuruti hal yang sama. Sebab, dalam kondisi yang kian rumit ini, lanjutnya, menjaga daya beli masyarakat jauh lebih penting.