Kemenhub mulai inspeksi Boeing 737 Max 8 di Soekarno Hatta

Inspeksi dimulai dengan mengecek satu pesawat Boieng 737 Max milik Garuda Indonesia dan dua pesawat Lion Air di Bandara Soetta.

Petugas Inspektur Kelaikudaraan Kementerian Perhubungan dan tekhnisi Lion Air melakukan pemeriksaan seluruh mesin dan kalibrasi dengan menggunakan alat simulasi kecepatan dan ketinggian pesawat pada pesawat Boing 737-Max 8 milik Lion Air di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/3). / Antara Foto

Kementerian Perhubungan mulai melakukan inspeksi pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, hari ini (12/3). Inspeksi dilakukan untuk memastikan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 yang beroperasi di Indonesia dalam keadaan laik terbang. 

Kemenhub meningkatkan kewaspadaan setelah pesawat Boeing milik 737 MAX 8 Ethiopian Airlines jatuh Minggu (10/3), atau hanya berselang lima bulan sejak kejadian jatuhnya Lion Air JT610 dengan jenis yang sama.

“Inspeksi yang dilakukan oleh inspektur dari Kemenhub,“ kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti di Jakarta, Selasa (12/3).

Total pesawat Boeing 737 Max 8 yang beroperasi di Indonesia sebanyak 11 unit, dengan rincian 10 unit milik maskapai Lion Air dan satu dimiliki Garuda Indonesia.

Kegiatan inspeksi dimulai dengan melakukan pengecekan langsung pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai Garuda Indonesia yang sedang berada di hanggar komplek Garuda Maintenance Facilities.