Kurs rupiah capai level terburuk ambrol 10%

Nilai tukar rupiah telah mencapai level terburuk sejak 1998 dengan ambrol 10% sejak awal tahun lebih dari Rp15.000 per dollar AS.

Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bergegas seusai mengikuti rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (31/10/2018). Rapat terbatas yang tertutup bagi wartawan tersebut membahas antara lain pangan, perminyakan dan ketenagakerjaan./ Antara Foto

Nilai tukar rupiah telah mencapai level terburuk sejak 1998 dengan ambrol 10% sejak awal tahun lebih dari Rp15.000 per dollar Amerika Serikat.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan depresiasi rupiah dinilai lebih rendah dibandingkan dengan depresiasi mata uang negara lain, seperti India, Brasil, Turki, dan Rusia.

"Hingga kuartal III-2018 nilai tukar rupiah melemah 10%," ujar Perry Warjiyo dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Gedung Kementerian Keuangan, Kamis (1/11). 

Perry mengutarakan, BI akan lebih fokus untuk melakukan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan memastikan likuiditas di pasar keuangan cukup.  

Pihaknya juga telah menaikkan suku bunga acuan BI (BI 7-days reverse repo rate/BI7DRR) mencapai 150 basis poin ke level 5,75%, untuk mempertahankan daya tarik pasar.