Mendagri pastikan inflasi ditangani seperti pandemi Covid-19

Jokowi juga meminta agar masalah pengendalian inflasi jadi isu prioritas di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi dan percepatan realisasi belanja daerah di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (5/12). Alinea.id/Gempita Surya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan mekanisme pengendalian inflasi di Indonesia sama dengan penanganan pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi dan percepatan realisasi belanja daerah di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Tito menyebut, arahan dari Presiden Jokowi juga meminta agar masalah pengendalian inflasi jadi isu prioritas di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian.

"Bapak Presiden ingin agar penanganan inflasi ini ditangani dengan mekanisme seperti pandemi. Setiap minggu dibahas, evaluasi, sehingga kita semua tetap aware, tetap peduli, fokus, dan menjadi skala prioritas," kata Tito dalam rapat.

Diungkapkan Tito, intervensi untuk pengendalian inflasi perlu dilakukan, mengingat pandemi Covid-19 dan krisis global berdampak terhadap seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

Terlebih, imbuh Tito, dampak perekonomian global di tengah situasi krisis ini dapat mempengaruhi harga komoditas yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat.